Ijazah SMA Bisa Mendaftar – Palopo Pos
Utama

Ijazah SMA Bisa Mendaftar

*CPNS 2018

PALOPO — Pemerintah bakal kembali membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018, akhir Juli atau paling lambat awal Agustus.

Lulusan SMA atau sederajat juga bakal diterima. Namun, masih menunggu formasi khusus dari KemenPAN-RB. Lantas, apa persyaratan serta dokumen yang perlu disiapkan dalam pembukaan lowongan CPNS di 2018 ini?.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) Karo Humas BKN Mohammad Ridwan merincikan, dokumen serta persyaratan yang akan diberikan dalam lowongan CPNS 2018 ini pada dasarnya tak jauh berbeda dengan persyaratan lowongan CPNS 2017 lalu. Pelamar harus menyiapkan sejumlah berkas yang dibutuhkan untuk administrasi pendaftaran lowongan.
“Secara umum sama dengan tahun lalu. Kalau itu kan secara online, sama seperti tahun lalu,” kata Mohammad Ridwan baru-baru ini di Jakarta.

Namun Ridwan tak bisa memastikan apakah Nantinya Kementerian PAN-RB bakal membuka formasi khusus seperti yang dilakukan pada pembukaan lowongan 2017 lalu. Untuk masalah itu, Kementerian PAN-RB yang akan memutuskannya.

“Nanti mungkin ada beberapa perubahan dari Kementerian PAN-RB saya nggak tahu. mungkin saja sekarang ada formasi khusus untuk putra putri yang berprestasi internasional, nah itu tunggu saja sama pak MenPANRB,” katanya.

Seperti diketahui, Dijelaskannya, prioritas formasi CPNS 2018 untuk tenaga pendidik atau guru dan kesehatan.

“Ada 220 ribu ASN yang pensiun, oleh sebab itu dalam waktu dekat ini akan diumumkan formasinya untuk menempati posisi di pemerintah daerah dan kementerian atau lembaga. Seleksi akan dilakukan oleh BKN,” jelasnya.

Pihaknya memakai sistem minus growth sehingga jumlah yang diterima bakal kurang dari 220 ribu orang. Khusus tahun ini, bakal ada formasi khusus untuk posisi guru dan kesehatan.

“Formasi guru dan tenaga kesehatan ini di luar dari teknis yang telah ditetapkan tadi. Khusus guru honorer bakal ada teknis khusus yang harus dilakukan. Guru honorer kan sekarang tak bisa lagi tanpa tes. Jadi, bagi yang memenuhi syarat K2 silakan ikut tes.

Rekrutmen dilakukan secara terbuka,” ujarnya. Formasi untuk guru yang diperlukan tahun ini sekitar 100.000 orang.

Ini untuk menutupi kekurangan tenaga pendidik di seluruh kabupaten, kota dan provinsi yang berjumlah sekitar 700.000 orang.

Kekurangannya sekitar 700-an ribu menurut data dari Kementerian Pendidikan.
Tapi tahun ini kami buka formasi sekitar 100.000, dicicil dulu.

Untuk formasi tenaga kesehatan belum bisa diumumkan karena masih menunggu data dari Kementerian Kesehatan.
Demikian juga untuk tenaga diaspora karena masih menunggu data dari Kementerian Luar Negeri,” tegasnya. Namun menurutnya waktu penerimaan seleksi CPNS 2018 masih fleksibel, berkaitan dengan penyusunan formasi.

Kementerian PAN-RB kini tengah menyusun formasi yang sesuai untuk CPNS 2018. Pengumuman resmi pembukaan pendaftaran cuma disampaika n lewat website resmi Kemenpan RI.

Sementara untuk dokumen administrasi yang perlu disiapkan pelamar CPNS 2018 diantaranya, bagi pelamar tenaga profesional, dokumen kelengkapannya meliputi Fotokopi KTP, Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir, Surat keterangan akreditasi dari BAN PT, pas foto terbaru ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar-latar belakang merah.

Sedangkan bagi lulusan D3 dan SMA/sederajat, harus menyiapkan dokumen seperti materai Rp6.000, Fotokopi KTP, Fotokopi ijazah/STTB, Fotokopi ijazah SD, Fotokopi ijazah SLTP, Fotokopi ijazah SLTA. (idr)

Click to comment

Most Popular

To Top