Luwu

Bastem Potensi Ring Road Pariwisata di Sulsel

POTENSI. Anggota DPRD Provinsi Sulsel Fraksi PPP, H.Abd Hafid Pasiangan bersama Kadis Pariwisata Luwu Andi Sana Kira, dan pengelola Pantai Labombo Max Taruk Allo saat sosialisasi Perda di Kantor Camat Bastem Utara, Sabtu 21 Juli 2018. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPOPOS
2 of 2Next
Use your ← → (arrow) keys to browse

Menurutnya, di Bastem sangat mendukung hal itu semua, karena pertanian ada, alamnya ada yang berada di pegunungan, dengan udara dingin, dan budayanya juga ada, serta sejarah. Sehingga yang datang nanti bisa membawa pulang oleh-oleh dari Bastem.
“Jadi mari kita ubah pola pikir ke depan agar kampung kita bis aberubah lebih baik,” ujarnya.
Hadir di kesempatan itu, Kadis Pariwisata Kabupaten Luwi, Andi Sana Kira, S.Sos. Dalam pengantarnya mengatakan, membangun pariwisata sama dengan membangun kesenangan masyarakat.
Di Kabupaten Luwu sendiri telah ada Perda tentang kepariwisataan yang terbagi dalam beberapa kategori yakni wisata tirta meliputi pantai, air terjun, wisata alam. Terus ada wisaya budaya, dan sejarah.
Sementara itu pakar pariwisata Tanah Luwu yang juga hadir di acara tersebut, Max Taruk Allo menambahkan, setelah melakukan survey dibeberapa titik, Bastem sangat potensi jadi daerah pariwisata. Ditambah dengan akan dibangunnya akses jalan tembus dari Bua sampai ke Toraja Utara melalui Bastem, tentunya ini kesempatan yang harus dimanfaatkan. “kita jangan mau jadi penonton lagi, haru skita mulai dari sekarang. Begitu jadi akses jalan itu maka terbuka juga potensi wisata,”sebutnya.
Bastem sangat cocok jadi pengembangan ring road pariwisata di Sulsel. “Bule kalau mau ke Toraja lewat Bastem dulu,nginap semalam, makan, dan belanja. Namun, untuk melakukan itu, harus ada yang “dijual” kepada mereka. “Buat mungkin kampung seni atau budaya. Malam harinya hidupkan dengan pentas budaya,” jelasnya.
Di Bastem juga, kata Max, sangat cocok untuk pengembangan agro wisata. Contohnya buah markisa, anggur, dan sayur-sayuran. “Turis datang tinggal petik dan langsung dibuatkan jus-nya saat itu juga,” urainya.(idr)

2 of 2Next
Use your ← → (arrow) keys to browse

Click to comment

Most Popular

To Top