Hadir Memberikan Solusi – Palopo Pos
FEMALE

Hadir Memberikan Solusi

Pina Tukaran, SE
Lurah Lagaligo

Melayani kebutuhan masyarakat 24 jam sudah menjadi tugas pokok bagi seorang lurah. Inilah yang konsisten dilakukan Kepala Kelurahan Lagaligo, Kota Palopo, Pina Tukaran, SE.

Kepada Palopo Pos yang ditemui, di kantornya, Jumat 20 Juli 2018, istri dari Muslimin, SE mengungkapkan, perlu kesabaran dan tetap istiqomah dalam menjalankan tugas. Meskipun sampai malam.

“Dimana masyarakat membutuhkan, disitu kita hadir, agar masyarakat merasakan kehadiran pemerintah di lingkungannya,” ujar mantan Kasi Tata Pemerintahan Kelurahan Amassangan tahun 2007 sampai 2014 ini.

Berbekal pernah menjadi tenaga sukarela dan PTT di pelbagai kelurahan, seperti di Kelurahan Bara, dengan cekatan ibu tiga orang anak ini sudah tahu harus bagaimana melayani masyarakat,ketika dipercaya menjabat kepala Kelurahan Lagaligo sejak tahun 2014, lalu.

Selama hampir empat tahun memimpin Kelurahan Lagaligo, pelbagai macam persoalan warga berhasil ia atasi. Mulai dari keamanan sampai pelayanan.

“Terkadang tengah malam kita dibangunkan ketika ada laporan warga masuk. Seketika itu juga kita harus terjun dan hadir ditengah-tengah masyarakat mencarikan solusinya,” jelasnya.

Sebagai kelurahan yang berada dijantung Kota Palopo, kata Ibu Lurah Pina, pelbagai persoalan kerap muncul. Dengan kerjasama solid dengan Babinsa, Bhabinkamtibmas, RT/RW, persoalan tersebut bisa diatasi.

Saat ini, lanjutnya, Kelurahan Lagaligo menggenjot pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) warga. Agar maksimal, ia turut melibatkan sejumlah pihak. Mulai dari RT/RW, staf kelurahan, dan ibu-ibu dasawisma melakukan penagihan.

“Alhamdulillah, Kelurahan Lagaligo tahun lalu mendapat penghargaan sebagai kelurahan tercepat menyetor PBB. Karena tahun ini ada keterlambatan blanko kita terima dari Bapenda, namun tak mengendorkan semangat jadi lebih baik lagi dari tahun lalu,” sebutnya.

Ia juga berharap kepada Pemkot agar kiranya memperhatikan pembangunan di Kelurahan Lagaligo, utamanya pembangunan drainase. Pasalnya, jika hujan lebat tiba, sejumlah ruas jalan dalam kota tergenang air, akibat drainase yang tidak ada. (idr)

Data Diri

Nama                  : Pina Tukaran, SE
TTL                     : Walenrang, 2 Maret 1968
Suami                 : Muslimin, SE
Anak                   : – Ari Alamsyah Muslimin, SE
– Raodah Septi Legina Muslimin, S.Kel
– Renaldi Alfarizi Muslimin
Jenjang Karir   : Tenaga Sukarela Kelurahan Bara, Kec. Wara Utara (1995-2000)
Tenaga Sukarela Kelurahan Amassangan (2001-2007)
Kasi Tata Pemerintahan Kel. Amassangan (2010-2014)
Lurah Lagaligo (2014-sekarang)

Click to comment

Most Popular

To Top