Tekankan Upaya Promotif dan Preventif – Palopo Pos
FEMALE

Tekankan Upaya Promotif dan Preventif

Kesehatan adalah anugerah dari Allah SWT. Sejatinya perlu dijaga melalui berbagai macam kegiatan positif. Seperti mengkonsumsi buah dan sayur serta berolahraga. Selain itu, kesehatan lingkungan juga menjadi salah satu faktor agar tetap sehat.

Inilah yang gencar dilakukan sosok female kali ini. Yakni Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Palopo, Juita Talibe SKM. Dengan melakukan sosialisasi kesehatan ke masyarakat.

Sejak dipercaya memangku jabatan tersebut tahun 2017, ibu dari empat orang anak ini terus gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat. “Kami lebih menekankan upaya promotif dan preventif dari pada upaya pengobatan,” ujarnya, kemarin.

Bekerja di bidang kesehatan sejak tahun 1994, istri dari Nuryadin ini telah ditempatkan diberbagai daerah di Tanah Luwu. Seperti di Puskesmas Suli.
Kepada Palopo Pos, ia menceritakan pengalaman yang tak pernah dilupakan tatkala masih dinas di Luwu.

Yakni saat itu sedang ada Kejadian Luar Biasa (KLB) di daerah Noling, karena ratusan yang kena diare. Sementara stok oralit habis di puskesmas. Terpaksa ia harus meminjam di apotek dari Kota Palopo.

Tak hanya itu, sewaktu terjun ke masyarakat dalam upaya pemberantasan nyamuk demam berdarah dengan cara fogging, terjadi penolakan dari warga. Padahal disatu sis sejumlah warga juga menginginkan dilakukan fogging.

Selain itu, ia juga pernah harus kejar-kejaran dengan sejumlah warga saat akan pengambilan sampel darah untuk pemeriksaan HIV/AIDS, karena banyak yang tidak mau untuk diambil sampel darahnya.

Ia berharap, peran serta masyarakat dalam program kesehatan yang dicanangkan pemerintah saat ini, melalui Germas dapat turut disosialisasikan kepada setiap anggota masyarakat. (idr)

Data Diri:

Nama                                :  Juita Talibe SKM
TTL                                   :  Batu, 24 Desember 1970
Suami                               :  Nuryadin SH MH M.Si
Anak                                 :  Suci Walidalhuda
Ilmi Nilam Bahagia
Muamar Khadafi
Muhammad Afif Ikhlas
Jenjang Karir : – PNS di PKM Suli Kab. Luwu Tahun 1994
– Dinkes Kab. Luwu 1995
– Kasubsie Surveilans Dinkes Luwu 1997
– Dinkes Palopo Fungsional Epidemologi 2003
– Kasi Kespro dan Lansia Dinkes Palopo 2010
– Kasi Rehab Rekon BPBD Palopo 2011-2013
– Kasi Yankes 2014-2015
– Kasi Penyehatan Lingkungan 2016
– Kabid P2P 2017-sekarang

 

Click to comment

Most Popular

To Top