Pertanyakan Anggaran Porda, KONI Tator Temui Wabup – Palopo Pos
Toraja

Pertanyakan Anggaran Porda, KONI Tator Temui Wabup

MAKALE — Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tana Toraja, adakan pertemuan dengan Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara. Yang dipimpin oleh Ketua KONI Laurel Andi Lolo didampingi Sekretaris KONI Bemba serta pengurus lainnya. Pertemuan tersebut berlangsung di ruang kerja Wabup Tator, Senin, 6 Agustus 2018 kemarin.

Dalam pertemuan tersebut Pengurus KONI Tana Toraja diterima langsung oleh Wabup Victor Datuan Batara yang didampingi oleh Kadis Pemuda dan Olahraga Erick Crystal Ranteallo.

Dihadapan Wabup dan Kadis Pemuda dan Olahraga, Ketua KONI Tana Toraja Laurel Andi Lolo mempertanyakan soal anggaran Porda yang belum dicairkan sampai saat ini.

“Kami gelisah karena jadwal Porda yang akan digelar bulan September di Pinrang semakin dekat, sementara semua atlet cabang olahraga (cabor) belum ada perlengkapan untuk TC. Para atlet sudah mau TC, sementara dana belum turun dari pemerintah melalui Dinas Pemudan dan Olahraga,”
ungkap Ketua KONI di hadapan Wakil dan Kadis Pemuda dan Olahraga.

Ditambahkan Ketua KONI Tana Toraja, bahwa semenjak Dinas Pemuda dan Olahraga dibentuk pihaknya belum pernah diundang bahkan 1 lembaran undangan ke KONI belum perna ada, paparnya.

Terkait lambatnya anggaran Porda yang turun, Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara meminta ke Pengurus KONI untuk mendesak ke Kadis Pemuda dan Olahraga. Bagaimana kelanjutannya supaya laporkan ke Bupati kalupun tidak ada anggaran bisa dimasukan ke anggaran perubahan nantinya.

Terkait anggaran Porda Kadis Pemuda dan Olahraga, Erick Crystal Ranteallo katakan bahwa masalah anggaran Porda dirinya sudah laporkan ke Bupati.
Namun katanya anggaran untuk Porda ini tidak ada, yang ada ini hanya Rp190 juta, lalu Bupati katakan nanti di SK Parsial saja.

“Panitia Porda kita sudah serahkan ke Bupati, namun hingga kini belum ditandatangani. Saya akan ke Pak Bupati lagi untuk mengetahui apa sudah ditandatangani,” ungkap Crystal sapaan akrabnya.

Ditambahkannya, rencana Porda akan diundur, nanti selesai pelantikan Gubernur terpilih Prof Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman. Karena nantinya gubernur yang akan membuka acara Porda tersebut yang diselenggarakan di Kabupaten Pinrang, tandasnya.

Sementara, Sekretaris KONI Bemba jelaskan untuk mengirim atlet ke Porda di Pinrang nanti dari seluruh kegiatan itu membutuhkan dana. Jadi kalau bisa secepatnya di cairkan dana ini.

“Dari unsur Dinas Pemuda dan Olahraga yang membackup dananya, supaya para atlet betul-betul serius dalam TC nantinya. Sayang kalau para atlet yang membiayai sendiri kasian para atletnya yang tidak mampu inikan sudah ada dananya dari pemerintah daerah,” tukasnya.

Dinas Pemuda dan Olahraga ada beberapa jenis bidang olahraga khusus yang kaitannya dengan KONI adalah olahraga prestasi. Jadi yang bukan olahraga prestasi itu tersendiri KONI tidak gabung.

“Semua atlet itu ada di KONI mulai dari datanya kemudian kegiatannya, jadi berhubungan dengan olahraga prestasi harusnya Dinas Pemuda dan Olahraga harus bersinergi dengan KONI Kabupaten Tana Toraja,” kata Bemba.

Diketahui, anggaran untuk Porda ke Pinrang yang diusulkan oleh KONI sebesar Rp1,2 miliar. Anggaran ini mencakup semuanya mulai dari tim, atlet sebanyak 200 juga termasuk biaya makan, penginapan, transportasi dan bonus bagi atlet yang berprestasi. (rp2/udy)

Click to comment

Most Popular

To Top