Antisipasi Longsor Susulan, Warga Pasang Terpal – Palopo Pos
Luwu Timur

Antisipasi Longsor Susulan, Warga Pasang Terpal

*BPBD Masih Tetapkan Tanggap Darurat

MALILI — Sejumlah warga melakukan pemasangan terpal di lokasi tanah longsor di Dusun Batu Merah, Selasa 7 Agustus 2018. Pemasangan terpal di areal longsoran dilakukan warga sebagai bentuk antisipasi terjadinya longsor susulan.

Anggota Komisi 3 DPRD Luwu Timur Andi Endhy B. Shin Go yang ikut dalam pemasangan terpal saat dikonfirmasi mengatakan di lokasi tersebut untuk potensi terjadinya longsor dinilainya masih ada. Dan kemungkinan terjadi lebih besar dari ini.

Sehingga, lanjut Endhy langkah awal evakuasi dirasa sangat tepat. Sebab menurtnya hasil pantauannya ada titik longsor baru yang telah menutupi Jalan Mapalasa.

Selanjutnya, perlu diantisipasi pula pengamanan sementara tanah yang rawan longsor agar tidak terkena air hujan guna meminimalisir risiko longsor.
“Sementara kita tutupi terpal, untuk menghindari air hujan langsung meresap ke tanah tersebut,” jelas Endhy.

Menurut endhy, tidak hanya warga dalam pemasangan terpal juga dibantu anggota Satpol-PP dan Damkar, pemasangan terpal malam hari diterangi cahaya seadanya.
Sebelumnya, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Luwu Timur, Hj Djunarmi Junta mengatakan dengan keluarnya status tanggap darurat berarti permukiman penduduk radius sekitar 200 meter akan dievakuasi.

Ia mengimbau masyarakat yang masuk dalam radius longsor itu agar mengungsi di rumah keluarga karena ditakutkan ada longsor susulan.
“Statusnya sekarang tanggap darurat selama 3 hari, maka itu diminta warga segera mengungsi,” tegas Djunarmi.

Ia mengatakan sepanjang tanggul yang sudah diproteksi itu ditemukan ada beberapa titik retakan yang sewaktu-waktu dapat terjadi longsor susulan.

“Dikhawatirkan dengan curah hujan yang tinggi akan mengakibatkan adanya longsor susulan tentunya mengancam keselamatan warga,” jelasnya lagi. (krm/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top