Damkar Butuh 15 Menit Padamkan Kebakaran di Indomaret – Palopo Pos
Metro

Damkar Butuh 15 Menit Padamkan Kebakaran di Indomaret

* Diduga Korsleting AC

PALOPO — Asap mengepul keluar dari satu toko di Jalan Andi Djemma, kemarin. Makin lama, makin terlihat pekat. Melihat ini, warga sekitar dan pengguna jalan yang kebetulan melintas langsung heboh. Indomaret mulai terbakar bagian dalam. 25 personil Damkar yang dikerahkan butuh 15 menit atas kebakaran hingga tak meluas.

Jarum jam baru menunjuk pukul 08:00 Wita.
Kondisi dalam minimarket tampak berantakan. Karyawan melihat api dari salah satu AC yang menempel di atas dinding. Tanpa pikir panjang lagi, karyawan Indomaret berupaya menjauhkan barang jualannya dari titik api.

Sebagian menyelamatkan barang-barang jualan, sebagian lagi berupaya memadamkan api dengan cara menyemprotkan air. Namun, upaya tersebut tidak membuahkan hasil. Api mulai merembet plafon dan plastik yang melengket di dinding. Kerugian ditaksir sampai ratusan juta.

Penyebab kebakaran diduga akibat terjadinya korsleting yang menghubungkan kebal di Air Condisionner (AC).

Selang beberapa menit kemudian atau sekitar 10 menit, petugas dari dinas pemadam kebakaran langsung datang. Sehingga api yang mulai membesar berhasil dikuasai. Api tidak sampai menyebar ke barang jualan yang ada di dalam toko. Api berhasil dijinakkan dengan cepat.

Petugas kepolisian dari Polres Palopo dan juga dari Polsek Wara terlihat sedang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Dua karyawan Indomaret yang bertugas dimintai keterangannya oleh pihak Polsek Wara yang dipimpin langsung Kapolsek Wara AKP Arsyad Kaonga.

Reski Jaya Saputera, 20 tahun, salah seorang karyawan yang dimintai tanggapannya di lokasi kejadian mengatakan awalnya ada percikan api yang keluar dari AC yang berada di depan. Lalu, tidak lama kemudian api langsung menyala dan mengakibatkan AC terbakar.

“Saya kaget melihat. Tiba-tiba AC itu terbakar. Sebenarnya, memang AC merek LG ukuran 4 PK itu sudah mengalami kerusakan dan mau diperbaiki tetapi belum sempat. Sehingga AC tersebut terjadi korsleting,” ujarnya.

Ia juga sudah melaporkan kejadian ini kepada pihak supervisor yang betanggungjawab di Indomaret tersebut. “Iye saya sudah beri tahu supervisor kami. Dia sedang berada di luar kota,” katanya.

Sementara itu, Kapolsek Wara Arsyad Kaonga yang dimintai tanggapan di lokasi mengatakan pihaknya sudah memintai keterangan dari para karyawan yang bertugas. Ada dua karyawan yang bertugas saat terjadi kebakaran AC itu. Dari kejadian itu AC hangus terbakar dan mengakibatkan plafon di atasnya mengalami kebocoran.

“Saya tadi (kemarin,red) sudah meminta data data dari karyawan itu dan juga bertanya soal penyebab kebakaran AC itu. Yang pasti dari keterangan salah satu karyawan bahwa AC itu mengalami korsleting hingga mengakibatkan percikan api dan akhirnya terbakar. Tapi, untungnya pihak dari pemadam langsung datang melakukan pemadaman sehingga tidak merembes ke barang jualan yang ada didalam toko,” papar Kapolsek Wara.

Petugas kepolisian juga memberikan garis polisi disekitar TKP. Sementara itu, untuk memberikan keterangan lebih lanjut para karyawan digiring ke kantor Polres untuk meberikan keterangan lebih lanjut.

“Pihak kepolisian akan memintai keterangan lebih dalam kepada para karyawan. Tapi bukan mengarah untuk indikasi dijadikan tersangka, ini hanya keterangan saja,” tutupnya.

Muhammad Nur Tandiwajang, kasi evakuasi dan penyelamatan dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan, mengatakan, 25 personil damkar dikerahkan ke lokasi kebakaran. ”Anggota butuh waktu 15 menit pemadamkan api,” ujarnya.

Kata dia, kebetulan api tidak terlalu besar. Jadi dipadamkan dalam tempo 15 menit. Personil pemadam kebakaran yang dikerahkan 25 orang dan 4 unit armada pemadam kebakaran. (udy/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top