Fraksi di DPRD Desak Wali Kota Ganti Kepsek – Palopo Pos
Metro

Fraksi di DPRD Desak Wali Kota Ganti Kepsek

* Soal Kisruh PPDB

PALOPO — Fraksi di DPRD Kota Palopo mendesak wali kota Palopo untuk tidak tinggal diam mengevaluasi keberadaan kepala SD yang menyebabkan kisruhnya PPDB secara online, beberapa waktu lalu.
Mereka mendesak wali kota mengganti kepala SD yang dinilai ‘mbalelo’.

Desakan datang dari Ketua Fraksi PKB, Dahri Suli. Ia menegaskan, beberapa kepala SD yang membuat kisruh sistem PPDB beberapa waktu lalu, sebaiknya dievaluasi atau bahkan diganti. “Jelas sistem PPDB online ini memiliki regulasi, tapi masih dilanggar. Ini menandakan para kepala SD ini mengenyampingkan regulasi yang ada,” ujarnya, kemarin.

Menurutnya, peristiwa PPDB dalam tahun ini merupakan permasalahan yang tidak seharusnya terjadi. Untuk itu, lima kepala SD yang bersangkutan tidak menjalankan amanat dari peraturan itu.

Ada lima SDN di Palopo yang dianggap bermasalah. Yakni, SD Surutanga, SD Langkanae, SD Lalebata, SD Mattirowalie, dan SD Lagaligo. “Ini merupakan pelajaran. Dan harusnya wali kota bersikap dan bertindak terhadap mereka yang melakukan PPDB yang tidak sesuai mekanisme,” katanya.

Demikian halnya Ketua Fraksi Demokrat, Henry Ghalib. Ia menegaskan bahwa jika peristiwa PPDB beberapa hari lalu itu bisa menjadi pelajaran penting. Artinya, setiap regulasi yang mengatur sistem PPDB itu harus dilaksanakan dengan baik.

Peristiwa ini terjadi disebabkan para kepala SD yang ‘mbalelo’ dalam memaksakan setiap perserta didik yang masuk di SD yang mereka pimpin.

“Sebaiknya mereka kepala SD yang tidak menjalankan regulasi itu diganti saja. Ini juga menjadi pelajaran agar ke depan kepala SD tidak serta merta menerima murid yang tidak lolos melalui sistem online,” katanya. (rul/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top