Kesabngpol Gelar Lomba Cerdas Cermat – Palopo Pos
Luwu

Kesabngpol Gelar Lomba Cerdas Cermat

BELOPA — Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 tahun, Badan Kesbangpol Kabupaten Luwu menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat Wawasan kebangsaan yang diselenggarakan pada tanggal 7-9 Agustus 2018 di ruang pola Andi Kambo.

Kepala Badan Kesbangpol Alim Bachry mengatakan penyelenggaraan cerdas cermat ini bertujuan selain sebagai ajang mengasah pengetahuan wawasan kebangsaan, momen ini juga sebagai ajang silaturrahim antar sekolah pada umumnya dan antara siswa pada khususnya sehingga nantinya terpupuk jiwa persatuan dan kesatuan diantara para pelajar.

Kepala Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Luwu, Drs H Alim Bachri, SMHk, MM mengatakan, cerdas cermat berawasan kebangsaan ini berisi pertanyaan-pertanyaan yang mengedukasi generasi muda, mulai dari sejarah perjuangan Bangsa Indonesia sebelum dan setelah kemerdekaan, materi Pancasila dan UUD 1945 serta pertanyaan bermuatan demokrasi Indonesia.

“Siswa yang berhasil meraih juara mendapatkan piala, sertifikat, kita berharap para peserta mendapatkan banyak tambahan pengetahuan tentang perjuangan bangsa dan lainnya melalui perlombaan ini,” kata Alim Bachri.

Senada kepala Badan Kesbangpol, Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Andi Muszakkir cermat tersebut juga menghimbau agar kegiatan semacam ini diagendakan setiap tahunnya guna menambah wawasan kebangsaan bagi generasi muda.

Dirinya mengungkapkan, selama tiga hari berturut-turut telah digelar kegiatan cerdas cermat wawasan kebangsaan oleh Kesbangpol dan Linmas yang diikuti generasi muda perwakilan SD, SMP SMA sederajat.

“Kegiatan cerdas cermat ini bertujuan untuk memperkuat semangat dan jiwa kebangsaan sesuai dengan nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda, Pancasila dan UUD 1945 serta terwujudnya rasa persatuan dan kesatuan bangsa yang lebih mantap, dengan pemahaman Wawasan Kebangsaan yang lebih luas bagi para generasi penerus bangsa,” katanya.

Lomba Cerdas cermat wawasan kebangsaan tahun 2018 ini diikuti oleh 256 peserta yang terbagi dalam 4 kategori. Kategori I adalah tingkat SD atau sederajat yang diikuti oleh 16 sekolah, Kategori ke II tingkat SMP atau yang sederajat diikuti oleh 15 sekolah, kategori III tingkat SMA atau yang sederajat diikuti oleh 16 sekolah dan kategori IV tingkat kelembagaan yang diikuti oleh 11 organisasi. (fan/him)

Click to comment

Most Popular

To Top