Ketua TP-PKK Puji Dinas Ketahanan Pangan – Palopo Pos
Luwu

Ketua TP-PKK Puji Dinas Ketahanan Pangan

BELOPA — Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu Hj Andi Tenrikarta Mudzakkar, kemarin memberi apresiasi kepada jajaran Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu. Pasalnya, instansi yang dipimpin Agusalim itu menggelar Lomba Cipta Menu Beragam Berigizi, Berimbang dan Aman (LCM-B2SA) yang diikuti perwakilan kecamatan di Kabupaten Luwu.

“Saya berterima kasih karena kali ini kegiatan LCM-B2SA ini diikuti perwakilan kecamatan se-kabupaten Luwu, dan ini harus terus kita galakkan,” ujarnya saat membawkaan sambutan pada pelaksanaan kegiatan tersebut, Kamis 9 Agustus kemarin.

Andi Tenrikarta Mudzakkar juga berpesan agar lomba cipta menu B2SA ini tidak menjadi ajang seremonial, tetapi harus dijadikan wadah untuk menyosialisasikan makanan yang berbahan pangan lokal yang bernilai gizi tinggi untuk dikonsumsi masyarakat.

“Banyak makanan yang bersumber dari produk pangan lokal kita seperti dari sagu, jagung, umbi-umbian dan juga samonggo bernilai gizi tinggi dan bila disajikan untuk menu sarapan pagi, santap siang dan malam tidak kalah nikmat dan gurih dengan makanan yang dihidangkan di restoran ternama maupun di hotel-hotel,” kata Andi Tenrikarta Mudzakkar.

Sementara itu, Asisten I Andi Musakkir yang mewakili Bupati Luwu, mengatakan, menu makanan berbahan pangan lokal utamanya yang berbahan dasar sagu saat ini juga dilirik oleh masyarakat luar negeri seperti dari Jepang dan Cina.

“Kita harapkan melalui kegiatan ini ibu-ibu bisa lebih kreatif menampilkan panganan makanan lokal yang tidak hanya terbuat dari beras. Karena kita memiliki banyak potensi makanan yang tersebar baik dipekarangan maupun yang dipelihara dikebun,” ujarnya.

Pantauan harian Palopo Pos dalam kegiatan LCM B2SA tingkat kabupaten Luwu kamis kemarin, sejumlah kecamatan memamerkan produk makanan pangan lokal mereka, seperti kecamatan Bastem utara yang memamerkan makanan berbahan dasar sagu seperti dadar dange, balla-balla dan nasi tumpeng ubi.

“Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan kecamatan, harapannya agar bisa menjadi motivasi dalam memasak makanan, apalagi memang banyak bahan makanan non beras yang bisa disguhukan,” ujar Kepala DKP Luwu, Agusalim. (fan/him)

Click to comment

Most Popular

To Top