Maskapai Bisa Tekan Harga Tiket – Palopo Pos
Politik

Maskapai Bisa Tekan Harga Tiket

BELOPA — Harapan masyarakat Kabupaten Luwu agar tiket pesawat di Bandara Bua menuju Makassar dapat lebih murah memang menjadi harapan semua pihak. Pihak Bandara Bua sendiri berharap dengan pelayanan Maskapai Garuda setiap hari pada awal September mendatang juga bisa menekan harga tiket di Bandara Bua.

Menurut Kepala Satker Bandara Bua Ir H Syarifuddin, MM, harga tiket yang terbilang cukup tinggi di Bandara Bua untuk sekali penerbangan ke Makassar. Hanya saja besaran tiket tersebut menjadi kewenangan setiap maskapai berdasarkan pelayanan masing-masing.

“Tiket pesawat Maskapai Garuda memang mahal bisa mencapai Rp600 ribu. Demikian pula Wings Air, terkadang antara Rp450 ribu hingga Rp500 ribu keatas untuk sekali penerbangan. Tetapi itu masih wajar dengan durasi penerbangan hingga mencapai hampir satu jam,” ungkap Syarifuddin, Kamis 9 Agustus kemarin.

Namun demikian, upaya untuk menekan harga tiket oleh tiap maskapai tentu memiliki cara masing-masing. Misalnya, pihak Maskapai Garuda yang menerapkan pelayanan full service, pada awal September siap memberi potongan harga (discount) bagi penumpang pegawai negeri sipil lingkup Pemkab Luwu maupun keluarganya hingga mencapai 9 persen.

“Semakin tinggi kelas tiket yang dibeli, pihak Garuda siap memberi potongan yang tinggi pula. Saya kira itu salah satu cara untuk menekan harga tiket yang mungkin dianggap mahal oleh sebagian masyarakat pengguna Bandara Bua,” kata Syarifuddin.

Syarifuddin menambahkan, harga tiket yang mahal masih bisa ditekan lewat upaya memperbanyak maskapai yang melayani Bandara Bua, dimana dengan semakin banyaknya maskapai yang melayanai Bandara Bua, tentunya persaingan harga semakin ketat.

“Saya kira hukum ekonomi otomatis diterapkan kalau ada banyak maskapai yang melayani penumpang Bandara Bua, maka maskapai akan bersaing lewat harga jual tiket, dengan tetap tidak mengabaikan aspek pelayanan khususnya terkait keamanan dan kenyamanan penumpang,” tutur Syarifuddin.

Bandara Bua melayani enam kabupaten/kota di jazirah utara ini memang diminati penumpang dan dua maskapai yang melayani (Garuda maupun Wings Air) selalu berangkat dengan penumpang hingga mencapai diatas 70 persen. (and/him)

Click to comment

Most Popular

To Top