Besok, Kemenangan JUARA Ditetapkan di Makassar – Palopo Pos
Utama

Besok, Kemenangan JUARA Ditetapkan di Makassar

PALOPO — Pasangan HM Judas Amir-Rahmat M Bandaso (JUARA) selangkah lagi ditetapkan memimpin Kota Palopo untuk lima tahun kedepan.

Pelaksana Tugas Komisi Pemilihan Umum Kota Palopo, Muh Asram Jaya bersama sejumlah komisioner KPU Sulsel berencana menetapkan pasangan di atas dalam rapat pleno di Makassar, besok, Minggu 12 Agustus 2018 di Hotel Four Points.

Kenapa harus di Makassar? Dijelaskan Asram, lantaran padatnya agenda komisioner KPU Sulsel yang tidak bisa ditunda, sehingga penetapan wali kota dan wakil wali kota Palopo terpilih masuk dalam rangkaian agenda tersebut.

“Dalam satu hari ini (Minggu,red) ada suatu agenda yang kita samakan di provinsi,” ujarnya di Kantor KPU Palopo, Jumat sore 10 Agustus 2018.

Sejumlah agenda yang dimaksud, lanjut Muh Asram, sperti rapat koordinasi persiapan logistik Pemilu 2019 yang sudah harus masuk perencanaan, dan persiapan rakor pimpinan KPU se-Indonesia yang dipusatkan di Makassar. “Teman-teman jadi panitianya,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, tahapan pilwalkot digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) oleh paslon Ome-BISA.

Pada, Kamis 9 Agustus 2018 pukul 13:30 WIB digelar pembacaan putusan sela (dismissal) oleh sembilan majelis hakim MK.

Dalam putusan nomor 43/PHP.BUP-XVI/2018, Ketua MK Anwar Usman memutuskan tidak memiliki wewenang mengadili permohonan pemohon (Ome-BISA). Sehingga gugatan pemohon tidak dapat diterima.

Anwar menjelaskan, gugatan yang dimaksud pemohon bukanlah perkara perselisihan hasil pemilihan wali kota dan wakil wali kota Palopo, melainkan perkara dugaan pelanggaran yang penyelesaiannya telah diputuskan oleh Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negeri Makassar Nomor 30/G/PILKADA/2018 PT.TUN Mks, dan Mahkamah Agung Nomor 341 K/TUN/PILKADA/2018.

Anwar melanjutkan, setelah memeriksa berkas gugatan pemohon ternyata, pemohon hanya mendalilkan keberatan atas tidak dilaksanakannya hasil Panwaslu Palopo. Isinya sama sekali tidak mempersoalkan hasil pilkada.

Dari hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat KPU Kota Palopo. Pasangan HM Judas Amir dan Rahmat Masri Bandaso (JUARA) unggul dari pasangan Akhmad Syarifuddin dan Budi Sada (Ome-BISA).

Paslon JUARA meraih 51.880 suara, sementara Ome-BISA hanya memperoleh 33.991 suara.

Menunggu DPRD

Ditempat yang sama, Komisioner KPU Sulsel Divisi Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi serta Hubungan Antar Lembaga, Uslimin menambahkan, pasca penetapan walikota dan wakil wali kota Palopo Terpilih, yang direncanakan Hari Minggu 12 Agustus 2018.

Mengenai kapan pelantikan pasangan calon terpilih, ditentukan oleh DPRD Kota Palopo. “Dari DPRD yang rapatkan, kapan,” sebutnya.

Dijelaskan Uslimin, dari KPU Provinsi Sulsel yang ditunjuk sebagai pelaksana tugas KPU Palopo nantinya akan menerbitkan laporan hasil penetapan.

Selanjutnya, setelah penetapan wali kota dan wakilnya, tiga sampai lima hari, DPRD Palopo sudah harus menentukan jadwal pelantikan. “Setelah itu KPu sudah tidak ada urusan lagi,” tutupnya. (idr)

Click to comment

Most Popular

To Top