Panggilan Kemanusiaan, Organisasi Mahasiswa Turun ke Jalan – Palopo Pos
Metro

Panggilan Kemanusiaan, Organisasi Mahasiswa Turun ke Jalan

* Bantuan Korban Gempa Lombok Ditransfer ke Yayasan HMI Peduli

PALOPO — Tekad mereka hanya satu. Mahasiswa dari berbagai organisasi turun ke jalan dalam rangka penggalangan dana untuk membantu saudara-saudara yang menjadi korban gempa di Lombok.

Di beberapa titik, terlihat bendera organisasi berkibar. Ada dari HMI Cabang Palopo dan PMII Cabang Palopo. Mereka melakukan penggalangan dana di jalan.

Setiap kendaraan yang kebetulan melintas, disodorkan karton. Di situ tertulis, “untuk bantuan korban gempa Lombok”.
Mereka berharap lewat bantuan dana yang terkumpul bisa bermanfaat untuk para korban. Uang yang mereka kumpul langsung dikirim ke Yayasan HMI Peduli.

Lewat yayasan tersebut, bantuan asal HMI Palopo disalurkan. “Kita turun serentak atas arahan dari PB HMI Pusat,” terang salah seorang mahasiswa, kemarin.

Aksi solidaritas korban gempa bumi dimulai sejak tanggal 7 Agustus 2018, lalu. Berlanjut sampai sekarang.

Total dana yang mereka kumpul sudah mencapai Rp10.400.700. Sudah termasuk dari komisariat. ”Kami turun ke jalan tergerak karena panggilan kemanusiaan,” tandas Rahmat, salah seorang pengurus HMI Cabang Palopo.

Bantuan yang dikumpul sudah disalurkan ke rekening Yayasan HMI Peduli. Noreknya; 1230006455804.

”Dana sudah kami kirim seluruhnya. Nanti Yayasan HMI Peduli menyalurkan ke Lombok,” tambahnya, kepada Palopo Pos, di sela-sela aksi penggalangan dana, kemarin, di Jalan Yos Sudarso.

Untuk diketahui, gempa 7 SR (Skala Richter) telah mengguncang Lombok. Duka warga di sana, menjadi duka masyarakat di Kota Palopo. Mereka ikut prihatin. Berbagai cara dilakukan. Ada yang ke sana membantu korban, ada juga yang mengumpulkan bantuan untuk disalurkan ke Lombok.
Seperti yang dilakukan oleh organisasi mahasiswa se Kota Palopo. Mereka terdorong mengumpulkan bantuan.

Rahmat mengatakan, sejak turun ke jalan pada 7 Agustus lalu dana yang dikumpul mencapai Rp10.400.700 dari sejumlah komisariat. “Dana tersebut sudah kami kirim seluruhnya ke sana lewat nomor rekening 1230006455804,” tambah dia.

Demikian halnya dengan mahasiswa yang tergabung di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Palopo. Mereka juga melakukan pengumpulan dana kepada masyarkat.

Rio, yang merupakan koordinator lapangan pada gerakan tersebut mengungkapkan aksi mereka ini atas instruksi Pengurus Besar mereka.

“PB PMII memang menginstruksikan untuk melakukan penggalangan dana di jalan, peruntukannya untuk disalurkan kepada masyarakat disana melalui pengurus besar kami,” jelasnya.

Mereka turun ke jalan tersebut karena panggilan kemanusiaan. Ia mengungkapkan sejak tanggal 7 agustus sebanyak Rp1,5 juta dana yang mereka kumpulkan. (ald/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top