Tuntaskan Pembangunan Palopo dalam Lima Tahun – Palopo Pos
Utama

Tuntaskan Pembangunan Palopo dalam Lima Tahun

Prev1 of 3
Use your ← → (arrow) keys to browse

*Penetapan HM Judas Amir-RMB Jadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih

PALOPO — Masyarakat Kota Palopo sudah mempunyai wali kota dan wakil wali kota baru. Yakni HM Judas Amir dan wakilnya Rahmat Masri Bandaso. Keduanya akan bekerja membangun Kota Palopo lima tahun ke depan, sesuai program kerjanya saat kampanye lalu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulsel telah melakukan rapat pleno penetapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palopo Terpilih 2018-2023, Minggu malam 12 Agustus 2018 di Hotel Imperial Aryaduta. Surat Keputusan penetapan dibacakan Ketua KPU Sulsel Misnah M Attas nomor: 146.PL.03.07-Kpt/7373/KPU-Kot/VIII/2018 tentang penetapan HM Judas Amir dan H Rahmat Masri Bandaso sebagai wali kota/wawali Palopo periode 2018-2023.

Sebagaimana kita ketahui, dari hasil pemilihan dan penghitungan suara tingkat KPU Kota Palopo. Pasangan HM Judas Amir dan Rahmat Masri Bandaso (JUARA) meraih 51.880 suara. Sementara rivalnya, pasangan Akhmad Syarifuddin dan Budi Sada (Ome-BISA) hanya memperoleh 33.991 suara.

Sebagai review, pasangan dengan tagline JUARA ini dalam visi-misinya memaparkan sejumlah program kerja yang akan dilakukan lima tahun ke depan. Yakni, melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan, dan menciptakan keseimbangan pembangunan. Dengan penjabaran melalui berbagai program kerja, seperti pendidikan gratis dan kesehatan gratis, pengadaan lapangan kerja untuk mencipatakan wirausaha baru melalui program yang diberi nama “siapa mau bekerja apa”, dan jaminan dan perlindungan sosial untuk kelompok rentan.

Terus ada, mewujudkan lingkungan yang layak huni melalui pengembangan infrastuktur perkotaan, penataan pemukiman, sanitasi dan ruang terbuka hijau. Memodernisasi layanan publik, meningkatkan kualitas aparatur dan tata kelola pemerintahan serta mendorong partisipasi publik dalam pembangunan. Mendorong kewirausahaan berbasis jasa dan niaga melalui peningkatan keterampilan hidup, permodalan dan pendampingan bisnis, dan mewujudkan iklim yang toleran terhadap pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang bercirikan nilai budaya Luwu.

Dosen Komunikasi Politik FISIP Unhas, Dr Aswar Hasan. INT

Dosen Komunikasi Politik FISIP Unhas, Dr Aswar Hasan kepada Palopo Pos mengatakan, hal pertama yang HM Judas Amir lakukan setelah ditetapkan adalah dengan melakukan rekonsiliasi politik. Baik terhadap kompetitor, terutama dikalangan pendukung dalam membangun kebersamaan birokrat.
“Disini tidak boleh lebih memunculkan lagi konflik, utamanya terhadap ASN pendukung dan bukan pendukung,” ujar mantan KPID Sulsel, Minggu tadi malam.
Lanjut Aswar, yang harus dilakukan HM Judas Amir adalah membuat skala prioritas dari sejumlah agenda. Baik yang tertinggal selama ini (periode pertama,red), dan yang akan dilakukan lima tahun ke depan.
Terus, tambah Aswar, wali kota terpilih harus menyusun langkah strategis dalam merealisasikan janji kampanye di periode kedua ini.
“Minimal di tahun pertama kepemimpinan Pak Judas harus bisa menuntaskan yang belum terealisasi di periode pertama. Sekaligus bagaimana merealisasikan sebagai bukti ke masyarakat,” jelasnya.
Namun intinya, kata Aswar, bagaimana wali kota terpilih bisa mempersatukan kembali masyarakat yang terkotak-kotak, utamanya ASN, dan menghindari reposisi atau penggantian ASN tanpa alasan dan tujuan yang jelas. “Jangan sampai penggantian ASN dengan alasan politik pendukung dan bukan pendukung. Kalau itu dilakukan sama saja dengan membangun musuh baru,” sebutnya.

Prev1 of 3
Use your ← → (arrow) keys to browse

Click to comment

Most Popular

To Top