Tumbuhkan Kebersamaan, Jaga Persatuan – Palopo Pos
Utama

Tumbuhkan Kebersamaan, Jaga Persatuan

*Peringatan HUT Kemerdekaan ke-73 di Kota Palopo

PALOPO — Indonesia merdeka telah menginjak usai 73 tahun. Sejatinya, setiap tahun perayaan ini bukan hanya secara simbolik, namun juga harus dimaknai dan terpatri dalam diri untuk maju dan berkembang, tanpa melupakan jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan.

Sejatinya, sebagai warga negara yang hidup aman dan tentram sekarang ini harus lebih bersemangat membangun negara melalui berbagai prestasi.
Penjabat (Pj) Wali Kota Palopo, Andi Arwin Azis berharap dengan momentum peringatan HUT Kemerdekaan ke-73 RI, dapat dimaknai dengan terus menumbuhkan semangat kebersamaan, semangat patriotisme yang semakin melekat dalam diri setiap warga negara Indonesia. Masyarakat dapat memaknai juga dengan meningkatkan kecintaan akan keutuhan NKRI.

“Mari jadikan momentum ini merekat kembali persamaan dalam berbangsa, sehingga mampu menghadapi tantangan era milenial sekarang ini dan akan datang,” ujar Kepala BPKAD Provinsi Sulsel ini usai menutup lomba gerak jalan indah antar SD/MI se-Kota Palopo di depan Kantor Wali Kota Palopo, Jl. Andi Djemma, Rabu 15 Agustus 2018.

Semangat Proklamasi, lanjutnya, menjadi pemicu meningkatkan kualitas kerja, pengabdian kepada masyarakat. “Semakin banyak partisipasi akan semakin baik dalam pembangunan, melalui berbagai pemberdayaan di masyarakat,” jelasnya.

Sebagaimana cita-cita dari Founding Father negara ini, mau melihat keutuhan NKRI tetap terjaga, dilandasi semangat kebersamaan dan gotong-royong, dan patriotisme tinggi, sehingga hal-hal yang bisa memecah belah umat dapat ditangkal dan diminimalisir. “Persatuan dan kesatuan tetap harus dijaga sebagai tonggak pembangunan,” pungkasnya.

Antisipasi Terorisme

Jelang peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73, serangkaian kejadian turut terjadi di Luwu Raya. Baru-baru ini, sejumlah terduga teroris berhasil diamankan pasukan Densus 88 di Luwu Timur.

Untuk itu, Andi Arwin berharap masyarakat dapat lebih meningkatkan kewaspadaan, peka terhadap lingkungan sekitar, dengan melakukan deteksi dini.

“Saya perintahkan RT/RW, lurah, dan Camat agar aktif memantau lingkungannya dari hal-hal yang mencurigakan,” tegasnya saat diwawancarai Palopo Pos, kemarin di Jalan Andi Djemma.

Arwin juga meminta pemantauan lingkungan melalui Siskamling terus dilakukan. “Jangan kita tidak peduli, harus peduli. Jika melihat ada hal mencurigakan, segera laporkan ke pihak berwajib.

Peran RT/RW, lurah, dan camat sangat berarti hadir ditengah-tengah masyarakat. Ini membuktikan, pemerintah mampu menjamin situasi dan kondisi lingkungan aman. Dengan jaminan itu, rasa aman di masyarakat merasakan perlindungan.

Jika lingkungan aman, lanjut Arwin, maka situasi kondusif akan berdampak bergairahnya sektor ekonomi, yang membawa keberkahan bagi masyarakat. Investasi juga akan berjalan baik. “Keamanan lingkungan adalah tugas kita semua,” tutupnya. (idr)

Click to comment

Most Popular

To Top