Fokus dalam Bekerja – Palopo Pos
FEMALE

Fokus dalam Bekerja

Asnita Darwis S.STP
Kabid Aset BPKAD Palopo

Aset adalah sesuatu yang mempunyai nilai tukar. Bagi daerah, ini adalah kekayaan yang dimiliki pemda. Aset ada yang bergerak dan tidak bergerak. Yang tidak bergerak mudah dideteksi, sedangkan yang bergerak inilah yang terkadang sulit dideteksi.

Pengelolaan aset harus dikelola yang ahlinya. Inilah yang dilakukan, Asnita Darwis, dipercaya menjabat Kepala Bidang Aset BPKAD Kota Palopo, menjadi tantangan bagi ibu tiga orang anak ini.

Setiap harinya, bisa dibayangkan, jika seluruh aset pemkot Palopo berada dibawah kendalinya. Berbagai tantangan pun dihadapi dalam bidang ini.

Kepada Palopo Pos yang ditemui di kantornya, Rabu 29 Agustus 2018, lalu, mantan Sekcam Wara Utara dan Wara ini, menuturkan, pengelolaan aset daerah banyak sekali tantangannya.

Seperti, setiap tahunnya harus melakukan inventarisir. Ini gunanya untuk mengetahui barang tersebut laik pakai atau sudah tidak. Hanya saja, dalam inventarisir tersebut, ada barang yang kecil dan besar. “Yang ukuran kecil ini harus lebih fokus didata,” ujarnya.

Selain itu, tantangan lainnya adalah masih banyak aset pemda yang sering tidak dikembalikan oleh pejabat bersangkutan.

Misalnya, mobil dinas yang digunakan tak dikembalikan ke pemda. “Ada yang sudah pensiun, pindah tempat kerja keluar daerah, ini kami surati mereka dan lakukan penarikan,” kata istri Bripka Syamsurijal ini.

Di awal karirnya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), Asnita ditempatkan di Kelurahan Sakti, Kecamatan Bua, lalu menjadi Sekretaris Camat Wara Utara, terus Kecamatan Wara.

Disana ia mengaku, banyak belajar berinteraksi dan mengurusi kebutuhan masyarakat, dari sini pula ia mengetahui cara pengelolaan aset meski dalam lingkup kecamatan. Ketika, dipercaya menduduki jabatan sebagai Kepala Bidang Aset DPPKAD, ia pun telah punya dasar mengelola aset dalam skala besar yakni pemerintah Kota Palopo.

Bergelut dengan jam kerja yang tak menentu, Asnita terkadang dituntut harus kerja keras hingga larut malam. Hal itu dilakukan biasanya menjelang audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). “Ya kadang sampai malam disini kantor kalau ada audit,” ujarnya.

Sibuk dengan kerjaan kantor, Asnita tak lantas harus fokus kesitu, mengurus keluarga pun jadi prioritasnya.

Setiap harinya, sepagi mungkin sudah bergelut di dapur menyiapkan sarapan bagi tiga orang anak dan suami. “Sebelum ke kantor buatkan sarapan anak-anak dan suami dulu,” pungkasnya. (idr)

Nama : Asnita Darwis S.STP
TTL : Palopo, 3 Mei 1983
Suami : Bripka Syamsurijal SE
Anak : – Airin Nakhlah Noviersa Rijal
– Abiyyu Aryasatya Rijal
– Athaya Alfarizqi Rijal
Jenjang Karir : – Staf Kelurahan Sakti (2005)
– Sekcam Wara Utara (2008)
– Sekcam Wara (2010)
– Kabid Pengadaan dan Pensiun BKD (2011)
– Kabid Aset DPPKAD (2013)

Click to comment

Most Popular

To Top