Pajak Kendaraan Bermotor Ditarget Rp14 Miliar – Palopo Pos
Toraja

Pajak Kendaraan Bermotor Ditarget Rp14 Miliar

RANTEPAO — Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Toraja Utara ditargetkan Rp14 Miliar lebih, dan baru terealisasi Rp9 Miliar lebih. Dan denda ditargetkan sebesar Rp600 Juta lebih baru terealisasi sekitar Rp400 Juta lebih.

Hal ini terungkap saat Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Pendapatan Wilayah Toraja Utara menggelar Sosialisasi Pajak Daerah bersama Bapenda Sulsel di Hotel Hiltra, Rabu 5 September 2018.

Acara sosialisasi pajak daerah UPT dibuka Bupati Toraja Utara, DR Kala’tiku Paembonan, M.Si didampingi Kepala UPT Pendapatan Wilayah Toraja Utara.

Kala’tiku dalam sambutannya saat membuka acara sosialisasi tersebut mengapresiasi penyelenggaraan sosialisasi ini. Pasalnya, dengan sosialisasi ini masyarakat tahu bagaimana arti pentingnya pajak daerah itu dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Terkadang rakyat kita melihat pajak itu sebagai sebuah beban dan karena itu sosialisasi seperti ini harus diyakinkan dan ditekankan kepada saudara-saudara yang hadir bahwa membayar pajak itu adalah sebuah wujud prestasi rakyat kepada penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan,” sebut Kala’tiku kemarin.

Kepala UPT Toraja Utara Luciana T. Saalino, S.Sos.,M.Si dalam sambutannya mengatakan tujuan pelaksanaan sosialisasi ini untuk meningkatkan pendapatan daerah Provinsi Sulsel.

”Kami laporkan bahwa jumlah kendaraan di Toraja Utara yang tidak terdaftar ulang berjumlah Rp28 Miliar lebih. Dan dana yang sudah ditransfer berjumlah Rp23 Miliar lebih,” ungkap Luciana.

Kabid PAD Bapenda Sulsel, Darmayani saat membacakan sambutan dari Kepala Dispenda Sulsel, Tautoto Tana’Ranggina mengatakan, acara sosialisasi pajak daerah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Bapenda Sulsel melalui UPTD Bapenda Sulsel yang tersebar di seluruh kabupaten/kota se Sulsel.

“Acara ini kami anggap penting dan sangat strategis karena merupakan media informasi dan komunikasi antara pemerintah daerah. Kami selaku pemungut pajak kemudian mitra kita dari kepolisian serta Jasa Raharja yang menyelenggarakan pelayanan di Kantor Samsat,” pungkasnya.

Hadir dalam acara ini Kapolres Tana Toraja, AKBP Julianto P. Sirait, Perwakilan Jasa Raharja Cabang Palopo, Kamil Agoes, Kadis Sosial Toraja Utara, Elizabeth Zakaria.

Peserta yang hadir dalam sosialisasi pajak daerah kurang lebih 200 orang berasal dari Perwakilan dari Kelurahan/Lembang, Perwakilan dari Kecamatan, para guru, Sekretariat Umum Pemda Toraja Utara, Bapenda, Camat Kesu’, Camat Rantepao dan Camat Tallunglipu.(alb/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top