Target Retribusi IMB Gagal – Palopo Pos
Luwu

Target Retribusi IMB Gagal

*Di Bulan Agustus Hanya 30 Persen

BELOPA — Target retribusi Izin Mendirikan Bangunan (MB) yang dikelolah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Luwu, hingga bulan Agustus 2018 baru mencapai sekitar 30 persen. Atau realisasi senilai Rp282.504.762, dari target total sebesar Rp1.050.000.000. Ini berarti bahwa target yang dipatok pemerintah gagal tercapai.

“Minimnya realisasi retribusi IMB hingga bulan Agustus lalu karena ada dua perusahaan yang belum membayar retribusi IMBnya. Seperti PT BMS dan PT PLN yang sementara ini masih dalam proses penagihan,” ujar Kepala Dinas DPMPTSP Luther Bija melalui Kabid Pengendalian, Yahrif, Rabu, 5 September 2018 kemarin.

Dikatakannya, jumlah retribusi IMB dua perusahaan itu cukup tinggi dan jika semuanya sudah terbayarkan maka target sudah bisa tercapai.

“PT BMS misalnya biaya retribusi yang harus dibayar itu sekitar Rp592 juta lebih. Sementara, PT PLN yang sementara membangun pembangkit listrik biaya retribusinya mencapai Rp130 juta lebih. Sehingga jika ditotalkan sudah mencapai Rp700 juta lebih,” paparnya.

Lanjut Yahrif, belum lagi ditambah dengan retribusi beberapa bangunan kecil lainnya jika sudah melakukan pembayaran. Maka otomatis hingga akhir tahun target bisa tercapai.

“Kami tentu tetap optimis bisa capai target untuk retribusi IMB ini. Apalagi pihaknya selalu rutin lakukan penagihan,” katanya.

DPMPTSP Luwu mengimbau kepada masyarakat yang belum mengurus retribusi IMB, untuk segera datang ke kantor melakukan pengurusan dan pembayaran retribusi. Perlu diketahui, sisa anggaran retribusi IMB yang belum terealisasi sebesar Rp723.680.862,.

“Untuk bulan September hingga hari ini (kemarin,red) sudah ada tambahan penyetoran sebesar Rp43.814.376,” tuturnya.(udy/him)

Click to comment

Most Popular

To Top