Tidak Miliki Izin Cafe Disepanjang Bantaran Sungai Ditertibkan – Palopo Pos
Toraja

Tidak Miliki Izin Cafe Disepanjang Bantaran Sungai Ditertibkan

*Mulyati: Melanggar Akan Diberikan Sangsi

RANTEPAO-Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Mulyati S . Tikupadang adakan pemantauan penertiban izin usaha yang berubah fungsi, awal izin usaha Rumah Makan dan sekarang berubah menjadi Cafe Ballo yang beroperasi disiang hari di Lembang Rindingbatu Kecamatan Kesu’, Toraja Utara.

Penertiban ini dikarenakan banyaknya laporan warga terkait rumah makan yang beralih fungsi menjadi Cafe Ballo yang musiknya disiang hari sangat menggangu telinga, dan penertiban ini dipimpin langsung oleh Kadis PMTSP, didampingi oleh Aparat Kepolisian Aiptu Daniel Pelu, Satpol PP, Dinas Pariwisata, dan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Toraja Utara.

Terkait hal penertiban izin usaha tersebut Kadis PMTSP Mulyati S Tikupadang kepada Palopo pos, Kamis ,13 September 2018 Katakan pemantauan yang dilakukan sekarang ini untuk menindak lanjuti kegiatan kita tahun lalu, dan sudah disampaikan ke masyarakat untuk tidak berusaha ditempat yang tidak diizinkan.

“Untuk bantaran sungai ini kita tau semua bahwa itu tidak memenuhi syarat untuk menjadi tempat membangun, dalam hal ini kita khususkan yang belum memiliki izin, kami menegur untuk menutup dulu usahanya sebelum ada izin dari kami,” Tagas Mulyati S Tikupadang.

Kita berharap agar kedepan masyarakat kita itu sadar bahwa setiap bangunan itu wajib mempunyai Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan setiap usaha itu harus mempunya izin .

“Kami terbuka di Dinas PMTSP itu melayani selama enam hari kerja sekarang, dan tanpa pungutan apapun kecuali yang retribusi sesuai dengan ketentuannya yang berlaku, dan mohon jangan menggunakan calo karena kadang-kadang biaya perizinan itu menjadi lebih mahal dengan adanya calo itu,”jelas Mulyati.

Hari ini 7 yang dikunjungi sebagian besar tidak memenuhi syarat untuk dipertahankan izinnya, Banyak koreksi yang punya izinpun tidak mematuhi yang kita persyaratankan, sehingga kita menyampaikan kepada pemiliknya untuk menutup usahanya sementara sebelum izinnya terbit. (albert)

Click to comment

Most Popular

To Top