Ceria: Untuk Sementara, Balandai Paling Siap – Palopo Pos
Kesehatan

Ceria: Untuk Sementara, Balandai Paling Siap

PALOPO— Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja & Olahraga Dinkes Palopo, Ceria Amaliya SKM telah melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) Kota Sehat pada sejumlah kelurahan dalam dua hari terakhir. Hasilnya, untuk sementara Kelurahan Balandai, Kec. Bara dinilai paling siap menghadapi verifikasi penilaian Kota Sehat.

Hal itu diungkapkan Ceria kepada Palopo Pos usai melakukan Monev pada tiga kelurahan di Kec. Bara, Kamis, 13 September 2018. Karenanya, Kel. Balandai akan menjadi Lokasi Khusus (Lokus) yang akan ditinjau Tim Verifikasi Penilaian Kota Sehat Tingkat Provinsi Sulsel pada November 2018 mendatang.

Ada beberapa pertimbangan sehingga Balandai menjadi Loksus penilaian Kota Sehat. Yang pertama, Balandai memiliki Lorong Germas (Gerakan Masyarakat Sehat). Ini merupakan sebuah inovasi dalam mewujudkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Di lorong tersebut, masyarakat rutin melaksanakan olahraga, seperti senam massal. Lingkungannya juga bersih.
Lorong ini juga memiliki Taman Obat Keluarga (Toga), Rumah Rembug Dasa Wisma, serta Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang merupakan wadah informasi dan komunikasi sehingga setiap permasalahan dan potensi masalah dibicarakan dan diselesaikan melalui KIM.

Selain itu, Kelurahan Balandai juga membuat sebuah gebrakan yakni meresmikan Kampung Anti Narkoba pada tanggal 17 September 2018 mendatang. ”Kampung Anti Narkoba ini kemungkinan akan kampung anti narkoba pertama di Sulsel,” imbuh Lurah Balandai, Hamsir SSos. (ikh)

Click to comment

Most Popular

To Top