Guru Mogok Mengajar Hanya Ditegur – Palopo Pos
Metro

Guru Mogok Mengajar Hanya Ditegur

PALOPO — Setelah melakukan aksi mogok mengajar dan mendapat kecamanan kekecewaan dari Dewan Pendidikan, guru SMPN 4 Palopo yang melakukan aksi mogok mengajar tersebut tidak diberikan sanksi oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palopo.

Hal tersebut dikatakan Kabid Pembinaan SMP Disdik Palopo, Drs Mus Taufik MM, saat dikonfirmasi melalui WhatsApp karena sedang dinas luar di Makassar. Ia mengatakan bahwa untuk pemberian sanksi kepada guru yang melakukan mogok mengajar di SMPN 4 Palopo tidak dikenakan sanksi administrasi.

“Hanya teguran saja kepada mereka untuk tidak mengulangi lagi perbuatan atau tindakan yang sangat merugikan siswa itu,” kata Taufik, kepada Palopo Pos, Kamis 13 September 2018.

Alasan mengenai tidak diberlakukannya sanksi administrasi terhadap guru SMPN 4 Palopo yang melakukan mogok mengajar tersebut, lantaran kebijakan dari Disdik yang mempertimbangkan guru yang melakukan mogok mengajar tetap berada di sekolah dan hanya beberapa saja yang tidak mengajar.

“Tetapi kami akan tetap akan kembali melakukan mediasi terhadap stakeholder di sana yang tentunya harus melalui persetujuan dari Pak Kadis dulu ketika sudah pulang dari Semarang,” tegas Taufik.

Mengenai tuntutan para guru yang melakukan aksi mogok mengajar tersebut, lanjut Taufik, yang paling intinya adalah kepala sekolah yang mengucapkan kebijakannya terhadap guru di depan upacara yang dihadiri oleh seluruh siswa SMPN 4 Palopo.

“Itu sebenarnya tidak boleh, seharusnya mengenai kebijakan kepala sekolah terhadap guru sebaiknya disampaikan dalam rapat internal bersama dengan komite sekolah,” tutup Taufik.(aul/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top