‘Hijrah Menuju Islam Kaffah’ – Palopo Pos
Metro

‘Hijrah Menuju Islam Kaffah’

* Fordamai Gelar Tabligh Akbar

LUMINDA — Forum Dai Muda Islam (Fordamai) Kota Palopo menggelar tabligh akbar. Kegiatan yang merupakan agenda tahunan organisasi keagamaan ini dalam memperingati tahun baru Islam 1 Muhamarram 1440 hijriyah yang dilaksanakan di Masjid Radhiyatan Mardhiyatan, Kelurahan Luminda, Kecamatan Wara Utara, Kamis 13 September 2018.

Dalam tabligh akbar ini, terdapat 3 ustad yang membawakan materi, yaitu, ustad Prof Dr HM Said Mahmud Lc MA, ustad Andi Massiwa SKom, dan ustad Suparman Mannuhung SPdI MPdI. Ketiga ustad ini membawakan tausyiah secara panel atau bergantian dengan tema ‘Hijrah Menuju Islam Kaffah’.

Dimulai dari ustad Prof Dr HM Said Mahmud LC MA. Tokoh agama dan ulama Kota Palopo ini membawakan ceramahnya dengan menyebutkan, saat ini negara sedang dalam bahaya.

Baik dari segi ekonomi maupun dari segi akidah dan akhlak. “Sisa bagaimana caranya kita untuk membentuk kehidupan kita yang diatur oleh agama selama 24 jam sehingga Islam kaffah atau Islam keseluruhan dapat terwujud,” kata dosen luar biasa IAIN Palopo itu.

Sementara itu, ustad Andi Massiwa SKom yang menjadi pemateri kedua dalam tausyiah panel ini mengatakan, zaman modern saat ini merupakan zaman yang lebih jahiliyah atau zaman bodoh jika dibandingkan pada masa Rasulullah Nabi Muhammad saw yang saat itu Islam belum didakwakan.

“Dulu, di masa Rasulullah Islam belum disebarkan, makanya masih banyak yang jahiliyah saat itu, tetapi sekarang zaman modern Islam telah didakwakan di mana-mana tetapi, kejahiliyaan juga meraja lela di mana-mana,” pangkas Ustad Massiwa.

Adapun Ustad Suparman Mannuhung SPdI MPdI yang juga selaku dosen di Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo ini membeberkan bahwa tahun1440 H adalah momentum yang pas untuk membangkitkan umat, mempersatukan umat, dan menegakkan Islam kaffah.

Karena kita lihat saja, kata dia, saat ini para ustad yang secara ikhlas dalam berdakwah seperti ustad Khalid Basalamah, ustad Dzulqarnain, bahkan ustad Somad apabila didatangkan ke Palopo, di situlah kita dapat melihat umat yang bersatu. “Artinya umat Islam saat ini mulai tersadarkan akan pentingnya ilmu agama dan Islam dalam mengatur kehidupan kita selama 24 jam ini,” tegas ustad Suparman.

Kepada seluruh jamaah yang hadir sekitar 100 orang itu bahwa saat ini tugas seluruh umat Islam adalah menyampaikan dakwah Islam kaffah ini. Karena seluruh kehidupan umat telah diatur di dalam Islam. “Baik bangun dari tidur, hingga tidur kembali,” kunci Suparman. (aul/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top