Judas-Rahmat Dilantik 19 September – Palopo Pos
Utama

Judas-Rahmat Dilantik 19 September

*Temui Langsung Gubernur di Makassar

PALOPO — Pelantikan Wali Kota Palopo dan Wakil Wali Kota Palopo Terpilih HM Judas Amir dan Rahmat M Bandaso dipastikan 99 persen akan dilakukan pada tanggal 19 September 2018, mendatang. Sebelum pembukaan Porda Pinrang tanggal 23 September 2018.

Kepastian jadwal pelantikan itu disampaikan langsung Kasubag Protokol Kota Palopo, Wahyuddin yang mendampingi wali kota terpilih di Makassar bertemu dengan Gubernur Prof Nurdin Abdullah, Kamis sore 13 September 2018, kemarin di Makassar.

Wahyu, mengungkapkan, kepastian tanggal pelantikan itu disampaikan kepada Judas Amir, setelah menghadap Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, di ruang kerjanya, Kamis sore.
“Iye fiks mi itu tanggal 19 September. Tadi pukul 15:00 Wita tadi, Pak Wali (Judas Amir, red) menghadap Pak Gubernur. Sekira pukul 17:00 Wita baru keluar dari ruangan. Sesuai penyampaian Pak Gubernur, pelantikan dijadwalkan 19 September pekan depan,” kata Wahyu, yang dihubungi via WA tadi malam.

Ia mengungkapkan, Wali Kota Palopo terpilih akan dilantik bersama dengan tiga bupati terpilih lainnya, yakni Bupati Bone, Sinjai, dan Bantaeng.

Usai Porda

Sebelumnya, ada juga kabar yang menyebutkan, jika pelantikan HM Judas Amir dan Rahmat M Bandaso dilakukan usai pembukaan Porda Pinrang. Seperti yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Pemkot Palopo Eka Sukmawaty dan Kabag Protokol Provinsi Sulsel.

“Saya sudah hubungi Kabag Protokol Provinsi Sulsel tanyakan kepastiannya kapan, katanya usai pembukaan Porda Pinrang. Mengenai waktunya belum tahun ditanggal berapa,” kata Kabag Humas dan Protokol Pemkot Palopo Eka Sukmawaty, Kamis 13 September 2018.

Dikatakan Eka, yang jelas pelantikan Wali Kota Palopo juga menyesuaikan dengan waktu dari Gubernur Sulsel yang baru Prof Nurdin Abdullah.
Kepala Biro Pemerintahan Umum Pemprov Sulsel, Hasan Basri Ambaralla mengatakan, jadwal pelantikan tersebut diputuskan Biro Pemerintahan Umum Pemprov Sulsel, dan telah disetujui Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

Namun, hal tersebut dibantah oleh Kabag Protokol Pemprov Sulsel Hamson. Kepada Palopo Pos, ia menyatakan, pelantikan tergantung dari SK Menteri Dalam Negeri. Dan ia menyatakan belum mengetahui adanya SK tersebut. “Sampai saat ini saya belum tahu pasti kapan pelantikan. Kalau ada yang bilang tanggal 24 September itu sumber darimana, bisa konfirmasi balik, karena SK dari Menteri pun belum ada,” tegasnya.

Lanjut Kabag Humas Pemkot Palopo, Eka, mengatakan, kepastian jadwal pelantikan dari provinsi berupa surat pemberitahuan hingga saat ini belum masuk ke pemkot. Hanya saja, kata Eka, SK pelantikan telah dikeluarkan Dirjen Otoda Soni Sumarsono.

Mantan Penjabat Gubernur Sulsel, Sumarsono yang juga Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri beberapa waktu lalu mengatakan, pelantikan dilaksanakan bulan September secara serentak skala provinsi tahap pertama.
Soni menegaskan, semua proses sudah selesai di Kemendagri. Termasuk SK, dijamin sudah ditangan saat pelantikan dilaksanakan.(idr)

Click to comment

Most Popular

To Top