Oktober, Luwu Miliki Kantor PN – Palopo Pos
Luwu

Oktober, Luwu Miliki Kantor PN

*Bupati: Pemkab Juga Siapkan untuk Lapas

BELOPA — Keberadaan kantor Pengadilan Negeri (PN) Luwu sudah sangat mendesak. Rencananya Mahkamah Agung Republik Indonesia akan mengoperasikan PN Luwu di Belopa bulan Oktober mendatang.

Rencana beroperasinya Pengadilan Negeri Luwu di Belopa bulan Oktober mendatang diungkapkan Ketua Pengadilan Negeri Luwu Ig. Eko Purwanto SH, M.Hum Kamis 13 September kemarin saat melakukan peninjauan lokasi kantor PN Luwu sementara di Belopa, bersama Bupati Luwu HA Mudzakkar, Kepala Kejaksaan Negeri Luwu Gede Edy Bujanayasa SH, MH dan Kepala Bappeda Litbang Luwu Drs Muhammad Rudi M.Si dan Kepala Dinas PU-PR Luwu Drs Ridwan Tumbalolo M.Si.

“Mahkamah Agung (MA) menjadwalkan akan dilakukan peresmian pengoperasian PN Luwu di Belopa di Bulan Oktober 2018 mendatang bersamaan dengan Pengadilan Agama Malili Lutim dan Pengadilan Agama Masamba Lutra. Makanya kami melakukan peninjauan sejauhmana kesiapannya sarana kantor sementara ini,” kata Ig Eko Purwanto.

Ig Eko Purwanto mengatakan, jika memang kantor PN Luwu sementara sudah bisa dimanfaatkan, maka PN Luwu di Belopa yang menempati eks kantor UPTD Dikpora Luwu akan segera dioperasikan, mengingat jumlah perkara yang ditangani PN Palopo dari Kabupaten Luwu cukup besar.

“Dalam satu tahun PN Palopo menangani hingga 600 perkara pidana perdata. Sebagian dari itu adalah perkara yang terjadi di Kabupaten Luwu. Masyakarat Luwu sangat membutuhkan kehadiran Pengadilan Negeri untuk menyidangkan perkara. Sebab kalau di PN Palopo jaraknya cukup jauh,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Luwu HA Mudzakkar, mengatakan demi mendekatkan pelayanan publik untuk penanganan perkara pidana dan perdata yang dihadapi masyarakat Kabupaten Luwu, Pemkab Luwu sangat merespon agar secepatnya PN Luwu di Belopa dapat dioperasikan.

“Kami sudah menyiapkan lokasi lahannya. Tetapi untuk sementara kami sudah siapkan pula kantor PN Luwu di eks kantor UPT Dikpora Belopa ini. Bahkan kami dari Pemkab Luwu siap membantu apapun aktivitas pendukung untuk percepatan kehadiran PN Luwu di Belopa,” ungkap HA Mudzakkar.

Cakka, sapaan akrab Andi Mudzakkar juga mengatakan, Pemkab Luwu juga sudah menyiapkan lokasi lahan untuk lembaga pemasyarakatan (Lapas) di Belopa. Untuk itu pihaknya akan mendorong bersama Kejaksaan Negeri Luwu dan PN Luwu untuk mempercepat pula kehadiran Lapas di Ibukota Belopa. (and/him)

Click to comment

Most Popular

To Top