Security PT Vale Lumpuhkan Pencuri TembagaPT Vale Lumpuhkan Pencuri Tembaga – Palopo Pos
Luwu Timur

Security PT Vale Lumpuhkan Pencuri TembagaPT Vale Lumpuhkan Pencuri Tembaga

MALILI — Aksi heroik dilakukan security PT Vale saat berhasil melumpuhkan pelaku yang diduga akan mencuri tembaga di areal sand blasting PT Vale.

Diketahui saat itu, pelaku bernama Frengki menggunakan senjata api rakitan yang bisa saja mengancam nyawanya.
Peristiwa itu terjadi pada Rabu 12 September 2018, sekitar pukul 00.30 Wita. saat itu Edy Panate (36) security PT Vale bersama rekanya Roberto dan Linus Bungi melaksanakan patroli rutin di wilayah perusahaan PT Vale.

Ketiga security ini kemudian melakukan penyelisiran di wilayah sand blasting dengan menggunakan anjing pelacak. Pada saat menyisir semua wilayah, mereka menemukan ada gerak-gerik mencurigakan. Linus yang saat itu memastikan kecurigaannya akhirnya menemukan pelaku (Frengki) sedang bersembunyi di dalam semak-semak.

Bukannya menyerahkan diri, Frengki malah mencoba melakukan perlawanan dengan mengeluarkan senjata rakitan sembari mengancam para security tersebut dengan mengatakan “jangan bergerak”.

Linus mencoba merampas senjata rakitan tersebut, namun Frengki melakukan perlawanan sehingga terjadi perkelahian. Hingga kemudian Frengki berhasil dilumpuhkan lalu diborgol.

Bahkan pada saat diborgol, pelaku masih sempat melakukan perlawanan lebih jauh sambil mengeluarkan sajam berupa sangkur lalu menghunuskan kepada security bernama Linus itu. Meskipun pada akhirnya Frengki berhasil diamankan.

Kasat Reskrim Polres Luwu Timur, Iptu Andi Akbar yang dikonfirmasi membenarkan, jika pelaku Frengki (20) yang merupakan warga Tanggoloe Kecamatan Wasuponda telah diamankan polisi karena diduga akan melakukan pencurian tembaga milik PT Vale.

“Saat ini pelaku telah diamankan di Mapolres Luwu Timur,” kata Andi Akbar kepada Palopo Pos, Kamis 13 September 2018.
Ditangan pelaku diamankan satu pucuk senpi rakitan dan satu buah sangkur merk usa M9 serta dua butir peluru kaliber 3.8.

“Diduga pelaku membawa senjata rakitan masuk ke dalam areal sand blasting untuk mengambil tembaga dan digunakan melakukan pengancaman terhadap security pada saat ditemukan berencana mengambil besi tua tembaga,” jelasnya kemarin.

Dikatakan Andi Akbar, sehari setelah penagkapan, polisi melakukan penggeledahan di rumah pelaku di lorong 1 Dusun Togo Desa Balambano Kecamatan Wasuponda.

Penggeledahan dilakukan Tim Resmob Polres Luwu Timur. Adapun hasil penggeledahan ditemukan 1 buah besi standlise berbentuk treiger senjata api.
Kemudian, sebuah kap las (alat pelindung mata), tiga pucuk rangkaian senapan angin yang terpisah-pisah (merk shooter dan sharp innova), dan satu unit mesin bor listrik, sebuah travo mesin Las.

Juga ditemukan satu unit mesin bor duduk (bor besar), satu unit mesin gerinda, satu buah pisau sangkur, satu buah pisau, satu buah mata bor, satu buah besi model tombak, dan satu buah stik las.(krm/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top