Harus Mampu Membaca Peluang – Palopo Pos
FEMALE

Harus Mampu Membaca Peluang

Hj. Hartawati Andi Djelling
Owner  CV. Mario Putra Tana Manai

Untuk meraih kesuksesan banyak cara. Salah satunya dengan merantau ke daerah orang. Inilah yang dilakukan sosok female edisi hari ini, Hj. Hartawati Andi
Djelling.

Merantau ke Ibukota Negara RI, DKI Jakarta diusia muda bersama suami. Kini ia sukses mengelola banyak usaha, khususnya bidang wedding organizer dan kuliner has makanan asal Tanah Luwu disana.

Istri dari alm. H. Sudirman Andi Picunang bercerita kepada Palopo Pos saat dihubungi, Jumat 14 September 2018, tentang awal mula ia sampai merantau, meninggalkan Belopa, tanah kelahirannya.

Opu Odeng, sapaan akrab dari pemilik CV. Mario Putra Tana Manai di Jakarta mengatakan, kalau ia ke Jakarta mengikuti alm. suami yang kebetulan bekerja di kapal. Ia menyebutkan, selama menikah, beberapa tahun di awal ia masih pulang-balik Belopa dan Jakarta.

Jadilah pada tahun 1996, dengan memboyong seluruh anak-anak, Opu Odeng membulatkan tekad untuk menetap disana.
Di Jakarta, ia dan keluarga hanya mengontrak rumah, dan kini sudah punya rumah sendiri, di Jalan Swasembada Jakarta Utara.

Sewaktu di Jakarta, lanjut Opu Odeng, selain mengurus rumah tangga, juga menyempatkan mengikuti beberapa kursus kecantikan yg berijazah Nasional yaitu kecantikan rambut hingga pendidik, dan kecantikan kulit hingga assesor serta tata rias pengantin tradisional dan barat .

“Saya kursus itu masih bolak-balik Jakarta dan Belopa tahun 1983. Lalu balik ke kampung sambil buka usaha salon karena kebetulan ibu saya memang juga usaha rias pengantin, jadilah saya yang ditugaskan merias,” ujarnya.

Tahun 2006, suami meninggal dunia, tinggal-lah ia dan 6 orang anaknya yg kini sudah berkeluaga kecuali dua org putra yang masi bujang di Jakarta.
Berkat keterampilan, yang dimiliki, ia kemudian bertekad untuk membuka usaha salon di depan rumah.

Seiring berjalannya waktu, usaha salon-nya kemudian berkembang menjadi wedding organizer seperti saat ini. Berbagai adat pengantin pun ia layani, tergantung pesanan klien.
Di Jakarta, pengantin adat Bugis-Makassar masih yang terbanyak ia layani, disamping ada juga adat dari daerah lain, seperti Padang, Batak Mandailing, Sunda,Betawi dan Jawa,

Usaha wedding organizer miliknya mengurusi persiapan pengantin sampai acara resepsi. “Jadi mulau pengajian, siraman, akad nikah dan resepsi. fotografer, gedung/ tenda dan dekorasi bunga Basahnya, pelaminan, rias, baju pengantin, catering, Tarian, Pa’genrang, Musik To Riolo, MC, dan organ tunggal itu semua satu paket,” sebutnya yang pernah bersekolah di SMA 371 Belopa.

Tak hanya usaha wedding organizer, Opu Odeng juga mengembangkan usahanya di bisnis kuliner dengan membuka rumah makan “Aroma Belopa” di daerah Tanjung Priok.

Meskipun sibuk dengan usahanya, Opu Odeng juga ternyata aktif diberbagai organisasi kekeluargaan. Seperti sebagai pengurus di DPW Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) DKI Jakarta, sebagai bendahara IKA Smansa Belopa, dan Wakil Ketua KKTL Bidang Budaya.

Meskipun diusia yang tak muda lagi, Opu Odeng ternyata juga tetap memperhatikan pendidikan. Dengan mengambil studi S1 Sastra Inggris kemudian lanjut Pasca Sarjana Magister Manajemen, STIE Ganesa. (idr)

Data Diri:

Nama: Hj. Hartawati Andi
Djelling
TTL: Belopa, 27 Desember 1962
Suami : Alm.H. Sudirman Andi Picunang
Anak :
Putra 4 Org dan Putri 2 Orang
Asal : Belopa, Luwu
Domisili Sekarang : Tj Priok, Jakarta Utara
Perusahaan :
CV. Mario Putra Tana Manai ( MPTM )
No Telp : 08136689171

Click to comment

Most Popular

To Top