Kawal Demokrasi yang Jurdil – Palopo Pos
FEMALE

Kawal Demokrasi yang Jurdil

Sitti Aisyah, SH
Komisioner Bawaslu Palopo

Alhamdulillah, inilah kata yang pertama kali diucapkannya setelah mengetahui dirinya kembali dipercaya sebagai salah satu komisioner di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palopo Periode 2018-2023.

“Perasaan senang pastilah senang dan bahagia karena bisa kembali menjadi bagian dari penyelenggara dan pengawal demokrasi yang Jujur, dan Adil (jurdil) di Kota Palopo,” ucapnya, Kamis 4 Oktober 2018, lalu.

Di Bawaslu, Sitti Aisyah menjadi satu-satunya komisioner perempuan. Ia pun merasa bangga bisa mewakili keterwakilan perempuan.

Menjadi pengawas pemilu, bukanlah hal yang baru baginya. Sebelumnya, Sitti Aisyah merupakan salah satu anggota Panwaslu Kota Palopo bersama mantan Ketua Panwaslu Syafruddin Djalal.

Selama bergelut di ‘dunia’ pengawas pemilu. Banyak kisah yang telah dilalui. Ada yang mudah, juga ada yang sulit.
Kepada Palopo Pos, Sitti Aisyah menceritakan beberapa pengalaman yang dianggap paling menarik, dan tidak akan pernah terlupakan. Yakni, pada saat Panwaslu Kota Palopo selalu di demo, karena dianggp tidak netral, dan masuk angin oleh segelintir masyarakat pendukung salah satu calon.

Namun, dirinya bersama komisioner Panwaslu kala itu, tetap tegar dan yakin dengan langkah yang diambil. “Panwaslu berhasil membuktikan bahwa dalam menjalankan tugas, dan wewenang tetap netral dan menjunjung profesionalitas yang utama,” ujarnya.

Bekerja sesuai UU dan peraturan yang dibuat pusat, menjadi kunci keberhasilannya.

Masih tentang dirinya, Sitti Aisyah mengungkapkan, alasan dan motivasinya untuk kembali mendaftar sebagai komisioner Bawaslu Kota Palopo.

Menurutnya, ia kembali masuk Bawaslu, semata-mata ingin menjadi pengawas dan pengawal demokrasi yang jurdil. “Saya siap bekerja dengan rasa tanggung jawb dan penuh waktu,” sebutnya.

Meskipun sibuk dengan tugas negara, tambahnya, tapi tugas sebagai seorang ibu bagi 5 orang anak ini juga tak kalah pentingnya.

“Sesibuk apapun, tetap punya waktu untuk berkumpul dan membimbing anak-anak,apalagi saya sebagai tumpuan keluarga,” pungkasnya.

Sebelum di Bawaslu, Sitti Aisyah pernah juga menjadi bagian dari penyelenggara pilkada/pemilu sebagai Ketua KPPS, PPS, PPK. Terus menjadi pengawas sebagai ketua Panwascam Wara Barat.

Meskipun sibuk dengan urusan pengawasan pemilu, ia juga aktif diberbagai organisasi seperti PPKBD, Ketua RW, BKM, Ketua Karang Taruna, dan Tenaga Honorer( K2) di Kecamatan Wara Barat.(idr)

Data Diri
Nama : Sitti Aisyah, SH
TTL : Ujung Pandang, 26 Juni 1966
Ayah : H. Harunah ( alm )
Ibu : Hj. Raeta
Anak : 5 Orang (4 putra, 1 putri)
Penddikn : – SDN. Baddoka Ujung Pandang (UP) Tamat 1977
– SMP Muhammadiyah 1 UP Tamat 1981
– SMAN 6 UP Tamat 1983
– Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Damarica Palopo Tamat 2016
Organisasi : BKMT, PKK, Karang Taruna

Click to comment

Most Popular

To Top