61 Kampung KB Dibentuk – Palopo Pos
Luwu

61 Kampung KB Dibentuk

BELOPA — Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Luwu, kembali memperoleh tambah pembinaan kampung KB. Sebanyak 38 tempat yang tersebar di beberapa kecamatan sudah dibentuk.

Kabid KB, Fatmasari, mengatakan, pembinaan kampung KB sejak tahun 2016 lalu sudah dibentuk, namun masih sedikit jumlahnya. Dan tahun ini program kampung KB di Kabupaten Luwu bertambah sebanyak 38 tempat atau daerah. Jadi kalau dijumlahkan dari tahun lalu secara keseluruhan sudah ada 61 kampung KB yang tersebar.

“Di setiap kecamatan sudah ada kampung KB yang kami bentuk dan minimal 2 tiap kecamatan,” ujarnya, Rabu 10 Oktober 2018, kemarin.

Dijeskannya, tujuan dari dibentuknya kampung KB adalah untuk meningkatkan capaian akseptor KB. Disamping itu, membentuk kelompok untuk kesejahteraan masyarakat. Ada juga yang dibentuk seperti kelompok bina keluarga balita, remaja dan lansia.

Dikatakan Fatmasari, KB bukan hanya mengurangi angka kelahiran tetapi juga bagaimana membentuk tri bina keluarga di masyarakat. Di kampung KB pihak dinas melakukan kunjungan minimal dua kecamatan tiap bulannya. Ini dalam rangka memberikan pelayanan KB secara gratis.

“Kami siapkan semua kebutuhan bagi masyarakat yang ingin ber KB dan ini gratis kami layani tanpa ada biaya di kampung KB,” terangnya.
Untuk kriteria salah satu wilayah dijadikan sebagai kampung KB, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB tentu memiliki beberapa alasan. Diantaranya merupakan daerah tertinggal, terpencil, perbatasan, padat penduduk dan kesertaan KB di wilayah itu kurang.

“Yang jelas kampung KB dibentuk agar wilayah tersebut dapat menerapkan pola ber KB. Sehingga akseptor KB bisa tercapai,” urai Kadis Pengendalian Penduduk dan KB, Hj Hasliana Nurdin.(udy/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top