Kembangkan “Padi 3 Malai”, Produksi Bisa Naik 3 Kali Lipat – Palopo Pos
Metro

Kembangkan “Padi 3 Malai”, Produksi Bisa Naik 3 Kali Lipat

*Inovasi Dinas Pertanian Bersama Kelompok Tani Telluwanua

PALOPO — Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan (DPPP) Palopo bersama Kelompok Tani di Kecamatan Telluwanua berhasil melakukan inovasi dengan mengembangkan varietas padi 1 anakan 3 malai.

Hasilnya pun bisa tiga kali lipat dibanding varietas lama. Selama ini, petani di Sulsel bahkan mungkin di Indonesia, hanya membudidayakan padi 1 malai.
Demikian penjelasan Kadis Pertanian Perkebunan dan Peternakan (PPP) Palopo, Harisman SP kepada Palopo Pos, Rabu, 10 Oktober 2018 kemarin.

Penjelasan tersebut sekaligus mengklarifikasi kekeliruan penulisan istilah dalam pemberitaan Palopo Pos edisi Rabu kemarin. Pada berita tertulis; “Kembangkan Padi 3 Anakan’, Produksi Bisa Naik 3 Kali Lipat.” Seharusnya “Kembangkan Padi 3 Malai, Produksi Bisa Naik 3 Kali Lipat”.

Pada Selasa, 8 Oktober 2018 lalu, Kadis PPP bersama jajarannya meninjau lokasi uji coba varietas padi tersebut pada dua lokasi yakni Kelurahan Pentojangan dan Kelurahan Salubattang, keduanya masuk wilayah Kec. Telluwanua.

Ia didampingi Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura M Natsir M, Koordinator Penyuluh Pertanian Palopo Abd Rasyid SP MSi, Kepala BPP Telluwanua Ir Hasman, sejumlah tenaga penyuluh pertanian, dan para ketua dan anggota Poktan.

Ada lima kelompok tani (Poktan) yang melakukan ujicoba budidaya varietas baru ini yakni Poktan Sipatua Kel. Salubattang yang diketuai Ruhadi. Lalu di Kel. Pentojangan dibudidayakan Poktan Ponji Mekar 1A (Nawir), Poktan Ponji Mekar 1B (Jamil), Poktan Belimbing Mekar (Rustan), dan Poktan yang diketuai Tamrin.

”Padi yang ditanam selama ini yakni varietas 1 batang 1 malai. Namun yang baru ini, satu batang tiga malai. Jadi kita prediksikan, produksi padi bisa meningkat hingga tiga kali lipat dibanding varietas lama,” terang Harisman didampingi Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, M Natsir M, Koordinator Penyuluh Pertanian Palopo, Abd Rasyid SP MSi, Kepala BPP Telluwanua Ir Hasman, sejumlah tenaga penyuluh pertanian, dan para ketua dan anggota Poktan. (ikh)

Click to comment

Most Popular

To Top