Mencuri di Palopo, Ditembak di Makassar – Palopo Pos
Kriminal

Mencuri di Palopo, Ditembak di Makassar

* Sikat Uang Nasabah Rp60 Juta di Jok Motor

PALOPO — Berkat koordinasi dan bantuan anggota Resmob Polda Sulsel, spesialis pencuri uang nasabah di jok motor yang pernah beraksi di Kota Palopo berhasil ditangkap, Rabu 10 Oktober 2018, pukul 08:00 Wita, kemarin. Bahkan, kedua betis pelaku dihadiahi timah panas oleh petugas.

Pelaku adalah Idris Dg Bahar, 54 tahun, warga Jalan Malino, Pakkato, Makassar. Pelaku merupakan buruh bangunan yang ditangkap tak jauh dari rumahnya.

Kanit Reskrim Polsek Wara Kota Palopo, Ipda Andi Akbar, membenarkan penangkapan tersebut. Dimana uang nasabah pernah dibawa kabur setelah jok motor korbannya dibongkar pelaku. Identitas para pelaku terungkap lewat rekaman CCTV dekat warung tempat korban mampir.

Di CCTV menunjukkan pelaku mengambil uang dari jok motor korban kemudian kabur menggunakan sepeda motornya. “Modusnya sangat rapi. Sepertinya rutin memantau nasabah bank. Dari rumah hingga pelaku beraksi setelah merasa aman,” katanya.

Kasus ini terungkap setelah Polsek Wara melapor ke Resmob Polda Sulsel bahwa telah terjadi pencurian uang nasabah yang tertangkap kamera CCTV di Kota Palopo. Lalu, anggota Resmob melakukan lidik di beberapa tempat.

Hasil dari lidik, petugas mendapatkan informasi bahwa pelaku berada di Jalan Malino, Makassar. Tanpa pikir panjang petugas bergegas ke alamat tersebut dan berhasil mengamankan pelaku.

Namun, ketika digiring ke Posko Resmob, pada saat dalam perjalanan pelaku berusaha melarikan diri dengan cara melawan petugas. Tembakan ke udara sebagai tanda peringatakan juga tidak dihiraukan. Akhirnya, petugas bertindak tegas dengan mengarahkan tembakan ke betis kiri dan kanan, lalu pelaku dibawa ke rumah sakit Bhayangkara Makassar untuk tindakan medis.

Lanjut Andi Akbar, saat pelaku diinterogasi, ia mengakui telah melakukan aksi pencurian dengan mengikuti korban dari rumah bersama tiga rekannya yang masih buron yakni Lk. AO, dan SN.

Setelah menarik uang di bank, korban yang mengendarai sepeda motor mampir di salah satu warung makan. Selanjutnya, pelaku mendekati motor korban dan mencongkel sadel motor tersebut.

Sukses mengambil uang sebanyak Rp60 juta, pelaku membagi hasil curiannya itu. Masing-masing mendapat bagian Rp20 juta. Selain pelaku polisi juga mengamankan barang bukti sebuah helm merk KYT warna hitam yang digunakan beraksi.

“Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku saat ini dikirim ke Polsek Wara untuk pemeriksaan lebih lanjut,” tandas Kanit Reskrim Polsek Wara. (him/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top