Plat Lantai Lapangan A. Nyiwi Roboh – Palopo Pos
Luwu Timur

Plat Lantai Lapangan A. Nyiwi Roboh

-Diduga Tiang Penyangga Patah

MALILI — Plat lantai proyek Lapangan A. Nyiwi roboh berkisar 20 kubik saat proses pengecoran oleh pihak rekanan, Selasa 9 Oktober 2018 malam. Beruntung tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Proyek yang menelan APBD 2018 sebesar Rp7,3 Miliar ini terletak di Jl Dr Ratulangi, Kelurahan Malili, Kecamatan Malili.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada proyek tersebut, Erwin Laiwa mengatakan, persoalan robohnya lantai itu bukan karena scaffolding atau tiang penyanggah yang patah, namun tanah tempat dudukan scaffolding tersebut yang labil alias lembek.

Sehingga kata Erwin, saat pengecoran plat lantai dengan beban yang cukup berat, tiang penyangga tersebut jebol ke dalam tanah.

“Sehingga proses pelaksaan ini untuk sementara dihentikan sampai benar-benar rekanan melakukan perbaikan,” jelas Erwin saat ditemui Rabu 10 Oktober 2018.

Tak hanya melakukan perbaikan, rekanan juga kami minta untuk merubah pola kerja, agar hal serupa tak terulang lagi.

“Kami minta rekanan menambah tiang penyangga pada bakesting untuk dilakukan pekerjaan selanjutnya,” pintanya.

Kalau hal tersebut tak indahkan, maka kami (Pemerintah Daerah-red) tidak akan membayar pada item-item pekerjaan itu.

Untuk diketahui, kontraktor pelaksana pada proyek tersebut yakni, PT. Buana Perdana Mandiri dan Konsultan Perencana, Mallomo Engineering Consultant.
Proyek sementara berjalan dengan jangka waktu pelaksanaan 180 hari kalender tertanggal 29 Juni hingga 25 Desember 2018.

Pelaksanaan proyek tersebut terbagi dua tahap. Untuk tahap pertama tahun ini, akan dibangun basement sebagai tempat parkir dan sarana tempat usaha.
Di tahap awal ini juga dibangun plate lantai dua sebagai ruang publik berlapis membran bakar sehingga lantainya kedap air.

Selain itu, juga akan dibangun pondasi pile-cap dengan jumlah 60 titik dan kolom serta balok cendawan hingga pembangunan tangga. Pada tahap awal ini, pelaksanaan pembangunan lapangan Andi Nyiwi Malili adalah struktur bangunan.

Untuk tahap kedua akan dilaksanakan pada Tahun 2019 mendatang, dengan item pelaksanaan yang rencananya akan dibangun atap bangunan, pagar untuk lantai dua, Landscape (taman), jalan untuk area jogging track serta fasilitas lampu penerangan. (krm/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top