Honorer K2 35 Tahun ke Atas Diangkat Jadi PPPK – Palopo Pos
Metro

Honorer K2 35 Tahun ke Atas Diangkat Jadi PPPK

*Hasil Pertemuan Komisi I dan Kemenpan-RB

TOMPOTIKKA — Pertemuan anggota Komisi I DPRD Palopo dengan pihak Kemenpan-RB mengenai memperjuangkan nasib pengangkatan honorer K2 menjadi PNS menuai jalan buntu.

Pasalnya, Kemenpan-RB menegaskan untuk honorer K2 yang usianya di atas 35 tahun akan diikat dengan kontrak kerja menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Pihak Kemenpan-RB tetap berpatokan terhadap regulasi yang ada. Pengangkatan tetap tidak dapat dilakukan kepada honorer yang usianya lebih dari 35 tahun,” kata Ketua Komisi I DPRD Kota Palopo, Abdul Jawad kepada Palopo Pos, Rabu 17 Oktober 2018.

Hanya saja, sebut Abdul Jawad, pihak Kemenpan-RB menyampaikan agar kiranya menunggu proses pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Demikian halnya ditambahkan Bakri Tahir. Anggota Komisi I DPRD ini mengaku pengangkatan PNS dari honorer K2 yang melewati batas usia 35 tahun tidak dapat diangkat. Namun pemerintah akan tetap memberikan kebijakan ke depan terhadap honorer yang umurnya lewat dari yang ditentukan.

Bakri menjelaskan, umur 35 tahun itu akan diangkat menjadi P3K. Artinya, mereka tetap honor dan digaji sesuai gaji seperti PNS tetapi tidak mendapatkan tunjangan pensiun.

“Hanya ini yang ditawarkan kepada kami. Sebab pihak Kemenpan-RB tidak bisa mengambil kebijakan soal pengangkatan PNS yang umurnya sudah lewat dari 35 tahun,” kata politisi PAN ini,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Honorer K2 menggelar aksi damai dengan mendesak pemerintah pusat menunda pelaksanaan penerimaan CPNS umum sebelum persoalan honorer K2 terealisasikan secara keseluruhan tanpa batasan usia dan tanpa tes.

Ketua FHK2-I Wilayah Kota Palopo, Hj Farida mengaku terus melakukan pendataan, dari ribuan honorer.
Ia menambahkan, honorer yang akan ikut memperjuangkan nasibnya, adalah honorer yang mengabdikan diri di 41 SKPD, 9 kecamatan dan 48 kelurahan.

“Paling banyak honorer di Lingkungan Hidup karena bergabung dengan Dinas Kebersihan, disana ada 100 orang lebih,” terangnya. (rul/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top