Ada Endapan Drainase, Sejumlah Jalan Tergenang – Palopo Pos
Metro

Ada Endapan Drainase, Sejumlah Jalan Tergenang

TOBULUNG — Di musim penghujan ini, beberapa sudut jalan Kota Palopo ditemui genangan air, hal itu terjadi lantaran endapan yang ada pada drainase.
Demikian diungkapkan Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR, Hamsyari, ST kepada Palopo Pos, Rabu 7 November 2018.

Dikatakannya, adapun keluhan warga pada Ruang Publik Palopo Pos, edisi Rabu 7 November 2018 kemarin akan terjadinya genangan air di beberapa jalan. Hal itu dikarenakan terjadinya sedimentasi pada drainase atau endapan lumpur. Sehingga drainase tidak mampu menampung air yang mengalir karena hujan deras.

“Jadi, bukan karena drainasenya jelek, bahkan drainase kita sudah sangat baik, cuman karena ada endapan lumpur dan lainnya, sehingga tidak mampu menampung air yang mengalir sehingga meluber ke jalan,” sebutnya.

Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan pemeliharaan drainase, namun sayangnya biaya untuk pemeliharaan hingga saat ini belum ada. Sesungguhnya, pihaknya sejak beberapa tahun sudah mengusulkan namun belum disetujui anggarannya. Sehingga penannganan pemeliharaan drainase, mengeluarkan endapan, sedimentasi dan lainnya, itu tidak terjadi.

“Tapi bisa juga kesadaran masyarakat, baik rumah tangga, RT, RW, Kelurahan, bergotong-royong membersihkan drainasenya sehingga tidak terjadi endapan,” sebutnya.

Untuk pembangunan draninase, pihaknya terus melakukan. Apalagi merupakan permintaan warga melalui musrenbang dan anggarannya memang ada. Untuk tahun 2018 pihaknya membangun 90 titik drainase sementara untuk 2019, diusulkan 400 pembangunan drainase.

“Tapi belum tentu terwujud karena perlu asistensi anggaran hingga di Komisi 2, kalau disetujui nanti dikerjakan di tahun 2019,” terangnya.(ich/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top