Antrean Masih Terjadi di SPBU – Palopo Pos
Luwu

Antrean Masih Terjadi di SPBU

* Di Luwu, Sudah Sebulan Solar Langka

BELOPA — Kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar, juga terjadi di Kabupaten Luwu. Seperti yang terpantau di SPBU Belopa, kemarin. Bahkan, kelangkaan terjadi sudah berjalan sekitar sebulan hingga mengakibatkan antrean kendaraan pada saat ingin mengisi BBM terjadi hampir tiap hari.

Saat ditemui Palopo Pos di SPBU Belopa, Rikman, Pengawas Umum SPBU Belopa mengungkapkan bahwa memang saat ini ada kelangkaan bahan bakar solar dan sudah berjalan kurang lebih sebulan.

Akibatnya, hampir tiap pagi kendaraan yang didominasi oleh truk antre berjam-jam di SPBU. Salah satu faktornya, yakni pasokan dari Depot Pertamina Karang-karangan yang kadang lambat bahkan tidak sama sekali.

Sehingga, pasokan dialihkan dari depot Pertamina terdekat yang ada di Parepare yang tentu memakan waktu yang lama dalam pendistribusiannya mengingat jarak tempuh yang lumayan jauh.

“Salah satu faktor yang juga mengakibatkan solar cepat habis di SPBU karena para nelayan banyak yang isi jerigen di SPBU. Bahkan nelayan dari luar Belopa seperti di daerah Ponrang dan Larompong datang mengisi solar,” ujarnya, Rabu 7 November 2018, kemarin.

Lanjutnya, pengisian bahan bakar jenis solar di tangki penampungan tiap hari dilakukan. Dengan jatah 8 KL perhari dan habis dalam waktu 4-5 jam saja. “Tiap pagi kami isi solar di tangki penampungan dan hanya sampai siang hari atau paling lambat jam 2 siang sudah habis,” kata Rikman.

Diakuinya, jatah saat ini hanya 8 KL di SPBU Belopa padahal dulunya jatah untuk solar mencapai 16 KL. “Kita tidak bisa meminta jatah lebih dari yang sudah ditentukan pihak depot,” urainya.

Dua SPBU lainnya yakni SPBU Larompong dan SPBU Seppong juga mengalami kelangkaan bahan bakar solar. Bahkan, kendaraan yang mengantri juga kerap terjadi di waktu waktu tertentu.(udy/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top