Baliho Raksasa Caleg Masih ‘Aman’ – Palopo Pos
Politik

Baliho Raksasa Caleg Masih ‘Aman’

* Tim Terpadu Singkirkan Banner Kecil-kecil Dulu

PALOPO –— Sejumlah alat peraga kampanye (APK) calon anggota legislatif (caleg) yang berada di Kota Palopo, akhirnya ditertibkan. Hanya saja, Bawaslu dan tim terpadu belum total menyentuh APK yang terpajang di reklame. APK yang kecil-kecil dulu dibereskan. Jadi, baliho raksasa caleh masih ‘aman’, ya.

Kemarin, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Bawaslu, menyisir APK yang terpajang di sejumlah titik . Dimulai dari Wara Selatan.

APK peserta pileg DPR RI dan DPRD provinsi dicabut.  APK yang terpasang di tepi jalan protokol dan pohon terpaksa diturunkan karena tidak sesuai titik penempatannya.

Penertiban dimulai sekira pukul 09:00 Wita hingga pukul 11:00 Wita. Penertiban dimulai dari sebelah selatan Kota Palopo, perbatasan dengan Kabupaten Luwu. Penertiban untuk hari pertama ini, dipusatkan di jalan poros dan beberapa jalan protokol lainnya di Kecamatan Wara Selatan.

Tim penertiban menyisir dan menertibkan APK yang dianggap melanggar aturan. Seperti APK yang dipasang di pinggir jalan, tiang listrik, dan tempat lainnya, yang tidak dibolehkan pasang baliho dan sejenisnya.

Hanya saja, pada penertiban itu, belum semua APK yang melanggar ditertibkan. Seperti APK yang terpasang di papan reklame. Seperti di Binturu. Masih terdapat baliho caleg yang terpasang. Di Jalan Andi Djemma, Jalan Jendral Sudirman, tepatnya jalan masuk Islamic Center.

Pada penertiban ini, Baswalu Palopo didampingi oleh KPU Palopo serta sejumlah personil Satpol PP yang melakukan eksekusi di lapangan.
Alat peraga yang diamankan beruapa banner yang terpasang di pohon, tiang listrik, sekretariat perhimpunan mahasiswa di kampus, serta baliho yang rata-rata berukuran besar.

Ketua Bawaslu Palopo, Aasbudi Dwi Saputera, mengatakan, penertiban itu didasarkan pada pasal 34 jo pasal 73 jo pasal 75 PKPU nomor 23 tahun 2018 tentanf kampanye dan perbawaslu nomor 28 tahun 2018 pasal 26 tentang pengawsan kampanye.

“Hari ini dan beberapa hari ke depan, kami bersama Satpol PP dan KPU akan menertibkan seluruh APK yang melanggar di 9 kecamatan di Kota Palopo. Hari ini kami fokus di Kecamatan Wara Selatan,” tambahnya.

Terkait masih adanya APK yang terpasang di papan reklame, Asbudi mengatakan, itu belum ditertibkan karena belum ada alat Satpol PP untuk memanjat reklame. ”Kecil-kecil dulu. Nanti menyusul baliho raksasa caleg,” ujarnya.

Kata dia, penertibkan ini dimaksudkan untuk menegakan peraturan terkait penempatan titik atau lokasi tempat pemasangan APK. (rul/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top