Indah Terima Penghargaan dari Wapres – Palopo Pos
Utama

Indah Terima Penghargaan dari Wapres

* Pada Penganugerahan Sinovik Kemenpan

MASAMBA — Kabupaten Luwu Utara menjadi satu-satunya daerah di Luwu Raya dan Toraja, yang mendapat penghargaan TOP 40 Sistem Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) KemenPAN-RB Tahun 2018.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indirani yang langsung menerima penghargaan tersebut dari Wakil Presiden HM Jusuf Kalla, di Jakarta, Rabu 7 November 2018.
Lutra mendapat penghargaan lantaran inovasinya terhadap ANC Hipnoterapi.

“Alhamdulillah kami bersykur dan berterimakasih kepada semua teman-teman yang mendukung, inovator, SKPD terkait, dan seluruh pemangku kepentingan yang telah memastikan bahwa inovasi ANC menjadi salah satu inovasi unggulan TOP 40 kali ini berjalan dengan baik, memberikan dampak kepada masyarakat khususnya penurunan angka kematian ibu melahirkan.

Kami berharap terus mendapat dukungan untuk menjamin keberlanjutannya ke depan dan tentunya perluasan dari inovasi terus-menerus dapat dilakukan,” kata Indah usai menerima penghargaan di Jakarta Convention Centre(JCC).

Lanjut Indah mengatakan, penghargaan adalah bentuk apresiasi atas kerja keras dan kerja cerdas yang dilakukan.”Tentu saja ini bentuk apresiasi atas kerja keras yang dilakukan rekan-rekan kami khususnya di Dinas Kesehatan sekaligus menjadi tanggungjawab moral kepada masyarakat untuk memastikan pelayanan kesehatan betul-betul berdampak khususnya pada penurunan angka kematian ibu hamil dan melahirkan hingga angka zero,” ungkapnya.

Terkait peran KemenPAN-RB dalam mengawal inovasi, Indah katakan hal tersebut menjadi amunisi bagi daerah. “Dalam beberapa tahun terakhir dukungan dan peran KemenPAN-RB cukup kuat dan ini menjadi amunisi tersendiri bagi daerah untuk terus berinovasi, dengan pendampingan dan coaching seperti ini semoga terus dilakukan di masa-masa yang akan datang karena kami sudah merasakan manfaatnya bagaimana inovasi menjadi semakin baik di bidang pelayanan,” jelasnya.

Dengan demikian kita berharap juga aparat kita, SDM kita sebagai tulang punggung atau ujung tombak dalam pemberian pelayanan menjadi semakin termotivasi.

“Kami juga berterimakasih karena tahun ini sudah ada insentif yang diberikan pada daerah yang telah melakukan inovasi yang tentu saja menjadi energi, menjadi suplemen bagi daerah-daerah yang lain untuk terus tanpa henti melakukan inovasi demi memastikan pelayanan kepada masyarakat semakin baik, murah, kian efisien, dan semakin efektif,” terang Bupati Indah.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres mengatakan, bahwa inovasi menjadi hal penting dalam meningkatkan pelayanan publik. “Inovasi yang ada harus terus dikembangkan,” ujarnya saat memberikan sambutan pada Pembukaan IPS Forum 2018.

Dikatakan, dalam era seperti saat ini, teknologi dibutuhkan dalam pelayanan publik agar lebih cepat. Seperti diketahui, sejumlah instansi pemerintah telah memiliki inovasi berbasis teknologi untuk memangkas birokrasi bahkan untuk mencegah tatap muka antara petugas dan masyarakat untuk mengurangi celah negosiasi.

Wapres juga mengapresiasi inovasi pelayanan publik dari bagian paling timur Indonesia yang telah menerima penghargaan tingkat internasional yang diselenggarakan PBB yakni Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat.

“Ini menjadi contoh dunia. Bagaimana layanan diperbaiki. Upaya ini menjadi pembelajaran daerah lain,” ujarnya.

Selain Luwu Utara, Kota Parepare, Kabupaten Pangkep, dan Takalar juga menerima penghargaan yang sama. (jun/idr)

Click to comment

Most Popular

To Top