Bawaslu Tekankan Tiga Poin – Palopo Pos
Luwu

Bawaslu Tekankan Tiga Poin

* Pada Acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu Tahun 2019

BELOPA — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Luwu, mengadakan kegiatan sosialisasi pengawasan pemilihan umum (pemilu) tahun 2019 bagi para panwaslu kecamatan (panwascam) se Kabupaten Luwu, Selasa 6 November 2018, di Hotel Mulia Indah Palopo.

Dihadiri oleh Koordiv Pengawasan, Hubal dan Humas, Koordiv SDM Data dan Informasi serta staf HPP. Dihadiri pula tiga unsur pimpinan Bawaslu Kabupaten Luwu diantaranya Ketua Bawaslu Luwu, Abdul Latif Idris, Pimpinan Koordiv HPP, Kaharuddin, Pimpinan Koordiv SDM, Asriani Baharuddin. Serta jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi sebanyak 66 orang.

Dalam sambutan Ketua Bawaslu Luwu, Abdul Latif Idris, ada 3 poin penting yang disampaikan. Pertama, mengajak kepada setiap unsur pimpinan di tingkatan panwaslu kecamatan untuk memperkuat struktural kelembagaan secara internal. Sehingga, kinerja pengawasan dapat membaik dengan menerapkan asas transparansi, baik di internal maupun eksternal kelembagaan.

“Kepada semua pimpinan panwascam agar kami harap betul betul dalam pelaksanaan pengawasan bisa secara transparan,” ujar Abdul Latif.

Selanjutnya, poin kedua mengajak kepada panwaslu kecamatan untuk melakukan pengawasan terhadap ASN, kepala desa, perangkat desa, bpd. Untuk tidak berpolitik praktis, serta mengedepankan asas pengawasan dan melakukan pencegahan dengan mengikuti mekanisme yang ada. Apakah itu dalam bentuk investigasi ataukah temuan hal tersebut menjadi penekanan di pihak Bawaslu Luwu.

“Kami juga tekankan kepada panwascam untuk melakukan pengawasan dan pencegahan terhadap ASN, kepala desa dan perangkat desa. Agar dalam pemilu 2019 mendatang tidak terjadi politik praktis,” ketusnya.

Kemudian poin ketiga yang sampaikan dalam sosialisasi yakni menekankan kepada panwaslu kecamatan agar menjaga kekompakan dalam melakukan pengawasan.

Dengan menyematkan dalam hati dan pikirannya untuk beramar ma’ruf nahi munkar. Sebagai upaya melakukan tindakan pengawasan dan pencegahan dalam melakukan strategi pengawasan.

“Yang paling penting juga kami sampaikan bahwa para panwascam harus menjaga kekompakan dalam melakukan pengawasan,” tuturnya.(udy/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top