Biar Pemilu Profesional, KPU Tambah Anggota PPK – Palopo Pos
Politik

Biar Pemilu Profesional, KPU Tambah Anggota PPK

PALOPO — KPU Palopo kembali melakukan rekrutmen terhadap panitia pemilihan kecamatan (PPK) dalam menghadapi pelaksanaan pemilu dan pilpres 2019.

Rekrutmen dilakukan seiring munculnya Surat Edaran KPU RI nomor 1373/PP.05-SD/01/KPU/XI/2018.

“Jadi ada penambahan untuk dua orang anggota PPK yang semula hanya tiga orang per kecamatan,” terang komisioner KPU Palopo, Jaya Hartawan, siang kemarin.

Rekrutmen untuk penambahan personil PPK akan diambil berdasarkan urutan dari seleksi pemerimaan PPK yang dilakukan KPU sebelumnya.

Sebelumnya, keputusan KPU nomor 31/PP.05-Kpt/03/KPU/1/2018 tentang petunjuk teknis pembentukan PPK, PPS dan KPPS menyebutkan jumlah anggota PPK pada Pemilu 2019 adalah tiga orang.

Dengan masa kerja selama tujuh bulan terhitung Maret. Namun, setelah muncul surat revisi masa kerja PPK diperpanjang selama tiga bulan sampai dengan bulan Desember.

“Jumlah anggotanya yang semula tiga orang menjadi lima orang kembali. KPU akan menambah kekurangan jumlah anggota PPK,” ujarnya.

Proses rekrutmen akan dimulai tanggal 10 November hingga 20 November 2018.

Pihaknya tidak akan membuka proses rekruitmen baru melainkan memanfaatkan daftar calon anggota PPK yang telah ada. “Sepanjang nama yang masih ada dalam daftar calon anggota PPK itu masih memenuhi syarat, itu kita manfaatkan dan seleksi ulang,” katanya.

KPU juga akan merekrut nominasi yang pernah ikut seleksi penjaringan PPK sebelumnya atau direkomendasikan oleh lembaga pendidikan atau organisasi kemasyarakatan. Kecuali kalau ada anggota PPK yang pernah bergabung di pilkada masuk parpol atau tidak bersedia menjadi anggota PPK.

“Pada intinya bahwa penambahan jumlah anggota PPK ini agar penyelenggaraan pemilu yang profesional, akuntabel, efektif, dan efisien,” tandasnya. (rul/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top