Gencar Ops Zebra, Tapi Masih Banyak Pelanggaran – Palopo Pos
Kriminal

Gencar Ops Zebra, Tapi Masih Banyak Pelanggaran

* 30 Pengendara Ditilang di Jalan Tandipau

PALOPO —– Kendati Operasi Zebra 2018 dilaksanakan setiap hari, namun faktanya
masih banyak ditemukan pengendara melanggar lalu-lintas. Mereka rata-rata mengaku tidak menggunakan helm, bonceng tiga, dan bahkan tindak menggunakan plat kendaraan.

Dari pantauan Palopo, pelanggaran yang dilakukan pengendara kebanyakan yang dibonceng tidak pakai helm dan sejumlah mobil tidak menggunakan plat. Bahkan, masih banyak mobil di seputaran terminal mengunakan plat kuning atau angkutan umum tapi kenyataannya mobil yang digunakan plat hitam.

“Iya, sekarang operasi zebra, tapi kok masih banyak pelanggaran. Apakah pengendara dan pengemudi tidak tahu aturan lalulintas ataukah pura-pura tidak tahu,” ketus salah seorang warga Palopo, Kamis 8 November 2018, kemarin.

Saat ini, Operasi Zebra, Kamis 8 Nopember 2018 memasuki hari kedelapan. Sebanyak 30 lembar tilang dikeluarkan Satlantas Polres Palopo. Ops Zebra kali ini digelar di Jalan Tandipau, Kota Paloppo. Puluhan lembar tilang itu terdiri 12 sepeda motor ditangkap dan 18 surat-surat kendaraan disita.

Kasat Lantas Polres Palopo, AKP Rahman, melalui Kaur Bin Ops Polres Palopo, Iptu Supriadi mengatakan beberapa faktor dikeluarkannya surat tilang karena pengendara tidak dilengkapi SIM dan STNK sehingga mereka harus mendapat sanksi dari petugas kepolisian. “Pelanggaran paling tinggi tidak menggunakan helm, utamanya yang dibonceng. Kemudian kelengkapan surat SIM dan STNK,” ungkapnya, di sela-sela razia.

Supriadi kembali mengingatkan bahwa operasi zebra ini akan berlangsung selama 14 hari. Fokus utamanya adalah menindak pelanggar muatan dan rambu-rambu lalu lintas. “Tapi tidak menutup kemungkinan untuk menindak pelanggaran lain. Saya juga mengimbau masyarakat mempersiapkan diri dan syarat-syarat administrasi kendaraan sebelum berkendara,” imbaunya.

Hampir semua pengendara tidak berkutik saat petugas memeriksa kendaraan mereka. Bahkan ada yang lupa membawa STNK sambil berucap maaf kepada petugas. Tidak seperti razia sebelumnya, tidak ada pengendara yang menerobos razia. “Semua pengendara yang kami periksa kelengkapannya iklas ketika ditilang ketika mereka tidak mampu memperlihatkan dokumennya,” tandas Supriadi.(him/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top