Legislator Nasdem Tolak Perpanjangan HGU PT SFP – Palopo Pos
Utama

Legislator Nasdem Tolak Perpanjangan HGU PT SFP

PALOPO – Niat PT Seko Fajar Plantation memperpanjang Hak Guna Usaha (HGU) yang berlokasi di Kecamatan Seko, Luwu Utara telah diketahui Anggota DPR RI Fraksi Nasdem, Luthfi A Mutty.

Kabar tersebut ia dapat dari Kakanwil BPN Sulsel Fadang Suhendi, Kamis pagi (8/11).
Luthfi yang tidak sengaja menginap sehotel dengan kakanwil mendapat informasi bahwa PT SFP bermaksud memperpanjang HGU-nya.

Menanggapi hal itu, Luthfi yang juga anggota Komisi IV DPR RI membidangi pertanian, meminta kepada kakanwil untuk menolak usulan tersebut.

Alasannya, dijelaskan Luthfi yang mantan Bupati Luwu Utara dua periode menolak perpanjangan HGU lantaran, ia tahu persis bahwa tidak ada kegiatan di areal PT SFP.
“Saat menjabat bupati dulu, saya mengusulkan pencabutan HGU PT SFP,” ucapnya dalam rilis yang diterima tadi malam.

Luthfi melanjutkan, pernah mengusulkan pencabutan HGU PT SFP. Usulan tersebut menurut Suhendi sudah ditindaklanjuti. HGU PT SFP sudah dibatalkan. Tetapi pihak PT SFP menggugat ke PTUN dan memenangkan gugatan itu. Oleh BPN, belum dilaksanakan karena masih mempelajari amar putusan. Apakah putusan itu menyangkut prosedur atau substansi.

Luthfi menambahkan bahwa niat PT SFP mau memperpanjang HGU patut dipertanyakan. “Mungkin saja sertifikat HGU diagunkan ke bank yang uangnya tidak digunakan untuk keperluan investasi perkebunan melainkan untuk bidang lain,” pungkas Luthfi. (idr)

Click to comment

Most Popular

To Top