Lurah Diminta Aktifkan Kembali Jumat Bersih – Palopo Pos
Metro

Lurah Diminta Aktifkan Kembali Jumat Bersih

-Bersihkan Drainase yang Mampet

TOMPOTIKKA — Para lurah diminta untuk mengaktifkan kembali kerja bakti Jumat Bersih di wilayahnya masing-masing. Pasalnya, musim penghujan telah tiba sehingga sejumlah drainase banyak yang mampet akibat endapan di dalam drainase sehingga air tak mengalir lancar.

Hal ini diungkapkan Wakil Wali Kota Palopo, H Rahmat Masri Bandaso kepada Palopo Pos, Kamis 8 November 2018. Menurut RMB sapaan akrabnya, saat ini sudah masuk musim hujan makanya masyarakat harus lebih giat dalam membersihkan lingkungannya masing-masing terutama drainase agar tak terjadi genangan di jalan.

”Para lurah harus menggiatkan para ketua RT/RW di wilayahnya masing-masing untuk menggerakkan warga dalam melakukan pembersihan lingkungan,” kata orang nomor dua di Kota Palopo ini kemarin.

Selain itu, sebutnya memasuki musim penghujan dan cuaca ekstrim ini banyak penyakit yang akan bermunculan, sehingga masyarakat diimbau waspada.
Sementara itu, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR, Hamsyari, ST mengungkapkan untuk tahun 2018 pihaknya akan membangun 90 titik drainase. Dan pada tahun 2019 mendatang diusulkan 400 pembangunan drainase.

“Tapi belum tentu terwujud karena perlu asistensi anggaran hingga di Komisi 2, kalau disetujui nanti dikerjakan di tahun 2019,” tegasnya.

Ia mengungkapkan terjadinya genangan air di beberapa jalan dikarenakan terjadinya sedimentasi pada drainase atau endapan lumpur. Sehingga drainase tidak mampu menampung air yang mengalir karena hujan deras.

“Jadi, bukan karena drainasenya jelek, bahkan drainase kita sudah sangat baik, cuman karena ada endapan lumpur dan lainnya, sehingga tidak mampu menampung air yang mengalir sehingga meluber ke jalan,” sebutnya.(rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top