Petani RL Dapat Bantuan 37,5 Ton Bibit – Palopo Pos
Luwu

Petani RL Dapat Bantuan 37,5 Ton Bibit

BELOPA — Dinas Perikanan Kabupaten Luwu, tidak hanya fokus dalam pembudidayaan ikan. Akan tetapi dengan mendapatkan bantuan bibit rumput laut katonik dari Dinas Perikanan Provinsi Sulsel sebanyak 37,5 ton. Kemudian biberikan atau disalurkan kepada beberapa kelompok budidaya rumput laut di beberapa daerah.
Diantaranya Desa Laua di Kecamatan Belopa Utara, Desa Belopa di Kecamatan Belopa, Desa Tirowali dan Mario di Kecamatan Ponrang, Desa Lare Lare dan Baroa di Kecamatan Bua.

Kabid Pengelolaan Perikanan Budidaya, Asmuradi Budi, mengatakan, tujuan utamanya dari bantuan bibit rumput laut ini salah satunya untuk meningkatkan produksi. Selain itu, diharap juga bisa meningkatkan pendapatan para pembudidaya rumput laut. Dalam pemberian bantuan ini satu orang pembudidaya dalam kelompok mendapatkan 500 kg bibit rumput laut. Yang mana satu kelompok minimal 10 orang anggota dan bisa lebih.

“Bantuan bibit tersebut sudah disalurkan ke kelompok yang mendapatkan bantuan. Dimana secara keseluruhan jumlah kelompok budidaya rumput laut yang terdaftar sebanyak 17 kelompok,” ujarnya, Rabu 7 November 2018.

Dijelaskan Asmuradi, sebenarnya jumlah kelompok budidaya rumput laut dulunya berjumlah ratusan. Tetapi setelah dilakukan revitalisasi kelompok maka banyak yang tidak aktif lagi. ” Kebanyak memang tujuan mereka hanya menerima bantuan saja. Setelah itu mereka berjalan sendiri sendiri,” terangnya.

Lanjutnya, yang menjadi kendala sampai saat ini harga jual rumput laut yang fluktuatif. Sehingga kadang pembudidaya mengurangi jumlah bibit yang ditanam. Selain itu, kondisi cuaca yang kadang tidak menentu sehingga proses pengeringan rumput laut yang tidak maksimal dan akhirnya pertumbuhannya tidak optimal, papar Radi sapaan akrabnya.

Sementara itu, Kadis Perikanan, Andi Fatahillah mengungkapkan bahwa bantuan bibit rumput laut katonik dari Pemerintah Provinsi Sulsel ini diberikan kepada kelompok budidaya rumput yang memang dianggap bisa memgembangkannya.

“Saya bersama penyuluh dan pihak perwakilan Dinas Perikanan Provinsi Sulsel telah menyerahkan bibit kepada lima kelompok yang ada di Kabupaten Luwu,” ucap kadis.
Diharapkan Fatahillah, para kelompok yang telah menerima bantuan bibit dapat mengelolanya dengan baik.

Sehingga kedepannya budidaya rumput laut yang ada di Luwu bisa semakin berkembang. Begitu juga dengan para pembudidaya dengah hasil penjualan rumput lautnya bisa meningkat, tutupnya.(udy/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top