Sambut Hari Pahlawan, DPMPTSP Donor Darah – Palopo Pos
Metro

Sambut Hari Pahlawan, DPMPTSP Donor Darah

TOMPOTIKKA — Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Palopo menggelar aksi donor darah di pelataran kantornya, Kamis 8 November 2018.

Aksi donor darah ini bekerjasama dengan PMI Palopo yang diikuti kadis, pegawai dan staf DPMPTSP Palopo.

Kepala DPMPTSP Palopo, Farid Kasim Judas kepada Palopo Pos mengatakan, donor darah sengaja dilakukan untuk menyambut peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November.

Mantan Ketua KNPI Palopo itu menyebut, konsep perjuangan di era sekarang sudah berbeda dengan zaman dahulu.

“Kalau dahulu para pahlawan kita kan berperang, tapi saat ini aksi nyata untuk membantu sesama. Salah satu caranya memaknai ya dengan donor darah,” kata FKJ, sapaan akrabnya.

Dengan kita berpartisipasi mendonorkan darah, sebutnya kita dapat menjadi pahlawan bagi kehidupan orang lain, karena setetes darah yang diberikan bisa sangat berarti bagi kehidupan mereka.

Tidak hanya itu, lanjut FKJ, donor darah sangat baik bagi kesehatan seperti menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah dan lainnya.
Untuk diketahui jika rutin dilakukan maka akan mengurangi penyakit jantung.

Salah satu manfaat kesehatan dari mendonorkan darah secara teratur adalah membuat jantung Anda senantiasa sehat. Dengan begitu, akan meningkatkan zat besi dalam darah dan juga mengurangi kemungkinan Anda menderita penyakit jantung.

Juga Membakar kalori. Mendonorkan darah secara teratur akan membantu Anda membakar kalori dalam tubuh. Tidak percaya? Bayangkan saja, ketika darah yang Anda donorkan sebanyak 450 ml, maka Anda pun kehilangan sekitar 650 kalori.

Menurunkan risiko kanker. Selain membantu membakar kalori, mendonorkan darah pun dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. Termasuk kanker hati, paru-paru, usus besar, perut, dan kanker tenggorokan.

Meningkatkan produksi darah. Manfaat mendonorkan darah secara teratur dapat membantu merangsang produksi sel-sel darah baru. Proses mendonorkan darah ini, akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien.

Pikiran lebih stabil. Apakah Anda tahu bahwa mendonorkan darah secara rutin dapat membantu Anda menjaga pikiran tetap stabil? Inilah faktanya. Dengan mendonorkan darah, akan membuat Anda merasa lebih bahagia dan damai. Bahagia karena dapat menolong sesama dan damai dengan tubuh sendiri.

Bagian dari periksa kesehatan. Mendonorkan darah juga dapat digunakan sebagai uji pemeriksaan kesehatan diri sendiri. Ketika darah yang Anda miliki berada di dalam kantong darah dan diperiksa di laboratorium, maka tim medis akan melihat apakah Anda menderita suatu penyakit tertentu atau tidak.

Sebab jika Anda negatif dari segala jenis penyakit, maka darah yang Anda miliki dapat disumbangkan untuk mereka yang membutuhkan. Jika tidak, maka Anda akan diberitahu apa yang sebenarnya sedang terjadi.

Menurunkan kolesterol. Manfaat kesehatan lain dari mendonorkan darah secara rutin adalah akan membantu Anda untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.(rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top