Kampanyekan PHBS dan Germas – Palopo Pos
FEMALE

Kampanyekan PHBS dan Germas

Indramayanti Usdar S.Kep
Puteri Kesehatan Luwu Raya 2019

Bulan November, selain diperingati Hari Pahlawan, juga diperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN).

Pada tahun ini menginjak usia peringatan ke-54. Di momentum tersebut, juga digelar ajang pemilihan Puteri Kesehatan untuk tahun 2019, mendatang.

Dari 22 peserta berbagai instansi kesehatan se Luwu Raya, Indah, sapaan akrabnya berhasil keluar sebagai juara pertama.

Selama setahun ke depan mulai Januari 2019, Indah berkomitmen akan mengampanyekan soal Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

“Di germas ini sudah ada 12 indikator kesehatan. itu yang saya fokus kampanyekan sama PHBS,” ungkapnya.

Kepada Palopo Pos, anak dari pasangan Usdar dan Harina menceritakan sejumlah tahapan sebelum terpilih. Mulai dari sesi karantina hingga babak grand final di Gedung MCH.

Indah yang saat ini berstatus bekerja di RS Mega Buana, Kota Palopo menceritakan awal mulanya ia dipilih untuk ikut ajang tersebut. “Manajemen RS Mega Buana, melakukan rapat, lalu memutuskan saya sebagai perwakilan dari instansi Mega Buana untuk ikut,” ujarnya saat ditemui di RS Mega Buana, Kamis 15 November 2018, lalu.

Peserta lomba pemilihan Putri Kesehatan ini diikuti dari berbagai perwakilan instansi kesehatan se Luwu Raya. “Ada dari RS di Belopa, Dinas di Palopo, Puskesmas di Luwu Utara, dan dari Luwu Timur. Jumlahnya itu 22 peserta,” katanya.

Setelah terdaftar, 22 peserta ini lalu dikarantina selama 2 hari di Hotel Mega Mustika, Jalan Pemuda, Kota Palopo.

Selama dikarantina, kata Indah, ke-22 peserta diadakan adu bakat, orasi ilmiah, hingga olahraga. Pasca fase karantina, 22 peserta lalu memasuki babak grand final di Gedung MCH tanggal 9 November 2018, lalu.

Di sana (MCH,red), kata Indah, langsung diumumkan nama-nama yang lolos 10 besar. “Itu diambil dari hasil adu bakat, orasi ilmiah, hingga olahraga selama masa karantina,” terangnya.

Dari 10 besar tersebut, namanya selalu disebut pertama. “Mulai dari fase 10 besar sampai 3 besar, saya yang selalu duluan disebut,” katanya.

Di 10 besar ini, setiap peserta lalu diberikan kesempatan untuk orasi ilmiah di hadapan tiga dewan juri, yakni Ketua Tim PKK Kota Palopo, salah satu dokter dari Puskesmas, dan Dinas Kesehatan.

Ia pun lolos dan melaju ke 6 besar. Di fase ini kembali Indah harus memberikan orasi ilmiah dengan tema yang berbeda tiap-tiap peserta. “Waktu itu saya bawakan orasi tentang diabetes. Apa itu diabetes, dan cara pencegahannya, yang harus dijelaskan dalam waktu 1 menit 30 detik,” jelasnya.

Berkat orasi tersebut, Indah pun berhasil masuk ke 3 besar. Di babak ini, lebih seru lagi, soalnya ia mendapat pertanyaan langsung dari Ibu Wali Kota Palopo yang juga Ketua Tim PKK Kota Palopo, dr Utia Sari Judas Amir.

“Ibu wali kota menanyakan sejauh mana pemerintah mengurangi angka perokok di Indonesia, dan sebagai tenaga kesehatan, apa upaya dilakukan mengurangi jumlah perokok?,” katanya.

Dengan mantap, Indah lalu menjawab, kalau upaya pemerintah adalah dengan melakukan upaya efektif seperti kampanye slogan bahaya rokok, kalau rokok itu membahayakan jiwa, dan upaya pencegahannya dengan melakukan edukasi dan penyuluhan ke masyarakat.

“Health education-lah istilahnya,” sebutnya.
Lalu, kembali dewan juri memberikan pertanyaan seputar makna dari tema HKN tahun ini “Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita”.

Selagi memberikan tanggapan, kedua peserta lainnya yang juga masuk 3 besar dipakaikan headset, untuk menghindari pendapat yang sama.
Indah lalu memberikan tanggapan seputar makna HKN, yakni, kalau hidup sehat harus dimulai dari diri kita sendiri, sebelum mengajak orang lain.

“Kalau bukan kita sendiri yang berubah, siapa yang mau mengubah diri kita. Karena diri kita adalah role model untuk orang lain. Setelah dari diri, lalu mengarah kepada keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat,lalu kepada lingkungan dan bangsa,” jelasnya.

Dengan jawaban tersebut, akhirnya ketiga dewan juri memutuskan Indah sebagai juara pertama Puteri Kesehatan Luwu Raya 2019.

Atas prestasinya, Indah lalu mendapat hadiah piala, uang pembinaan, dan mahkota Putri Kesehatan. (idr)

Data Diri :

Nama : Indramayanti Usdar S.Kep
TTL : Larompong, 15 Januari 1993
Ayah : Usdar
Ibu : Harina
Saudara : Iis Damayanti
Tempat Kerja : RS Mega Buana, Palopo
Jenjang Sekolah : SDN No. 09 Rape-rape
SMP Neg. 1 Larompong
SMA Neg. 1 Belopa
Akper Kamanre (Diploma 3)
STIKES Kurnia Jaya Persada (S1)

Click to comment

Most Popular

To Top