Dukung Karir Suami, Fokus Urus Keluarga – Palopo Pos
FEMALE

Dukung Karir Suami, Fokus Urus Keluarga

* Riswi Alwi S.Ag
Isteri Direktur Pascasarjana IAIN Palopo

Dibalik kesuksesan seorang pria, ada seorang istri hebat dibelakangnya. Sosok istri menjadi pondasi kuat yang mendukung keberhasilan suami meraih seluruh mimpinya. Bahkan Istri menjadi faktor penentu kesuksesan suami di masa depan.

Ada yang menjadi wanita karir, adapula mengubur cita-citanya berkarir demi meluangkan waktu sepenuhnya untuk keluarga memilih sebagai Ibu Rumah Tangga. Mereka ini mengawali harinya dengan mengurus segala keperluan suami sebelum beraktivitas. Mulai dari menyiapkan secangkir kopi, memasak sarapan, memeriksa semua benda yang harus dibawa ke kantor.

Meski terlihat biasa-biasa saja, namun bantuan sang istri ini ternyata sangat membantu suami agar lebih fokus menyiapkan diri menghadapi segala tuntutan kantor. Sang suami bisa lebih tenang menyiapkan tenaga dan pikiran menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan. Seperti yang dilakukan oleh Riswi Alwi, S.Ag istri Direktur Pascasarjana IAIN Palopo, Dr Abbas Langaji, M.Ag.
Ditemui Palopo Pos, Jumat 30 November 2018, Ibu yang menikah diusia 20 tahun ini menyebutkan.

“Iya sewaktu awal-awal nikah dulu kita berkomitmen suami cari reski, saya fokus urus rumah tangga, tapi dengan catatan selesaikan kuliah dulu,” sebut Riswi yang menikah diusia 20 tahun kepada Palopo Pos di Kediamannya, Jumat 30 November 2018, kemarin.

Diceritakannya, waktu itu dirinya bersama sang suami masih mahasiswa semester III dan memilih menikah muda. Awal nikah, sebenarnya agak terasa berat karena sama-sama masih kuliah, belum bekerja.

“Tapi mungkin karena pertolongan Allah, ini semua diniati ibadah, setelah beberapa tahun, akhirnya suami terangkat menjadi dosen PNS dan saat itu juga melanjutkan S2,” sebutnya.

Karir suami saat itu terus meningkat, mulai dari terangkat sebagai PNS tahun 2000 kemudian dipercaya memegang jabatan di dalam kampus seperti Sekretaris Jurusan Syariah sekaligus pelaksana tugas Ketua Jurusan Syariah tahun 2001 hingga 2002.

Di tahun 2004-2006 menjabat Sekretaris Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STAIN Palopo. Selanjutnya tahun 2008-2010 menjabat sebagai Pembantu Ketua Bidang Kemahasiswaan (sekarang wakil rektor III, red). Kemudian sejak 2013 hingga saat ini ditunjuk sebagai Direktur Pascasarjana.

Ditanya kenapa menerima pinangan sang suami, padahal waktu itu sang suami masih kuliah belum punya kerja. Dikatakannya, entah kenapa dirinya sangat yakin bahwa sang suami akan menjadi sesuatu di masa datang. Hal tersebut dirasakannya semasa kuliah. Menurutnya, sang suami, orangnya kutu buku, cerdas, analisanya kuat, bahkan peraih nilai IPK 4,0 sejak semester 1 hingga semester atas.

“Itu yang membuat saya kagum, ada sesuatu dalam diri orang ini, sebuah potensi, jadi ketika diajak menikah saya menerima dengan senang hati, apalagi beliau ini lulusan pesantren,” terangnya.

Diminta tanggapannya, akan pencalonan sang suami sebagai calon rektor IAIN Palopo periode 2019-2023, jabatan sekelas dirjen. Disebutkannya, apapun keinginan sang suami selalu didukungnya, namun terkadang juga mengingatkan akan dampak dari pilihan hidup yang dilakukan.

“Mengenai pencalonan rektor ini, kita mendukung beliau, apalagi ini merupakan ruang ibadah untuk berbuat lebih banyak lagi bagi almamater,” ujarnya Ibu yang hobbi bermain Badminton ini.(ich/idr)

Biodata

Nama : Riswi Alwi, S. Ag
TTL : Cappasolo, Malangke, 13 Agustus 2018
Pendidikan : – SD Cappasolo tahun 1986
– PMDS Putri tingkat SMP tahun 1990
– PMDS Putri tingkat SMA tahun 1993
– S1 Tafsir Hadis Ushuluddin tahun 1998
Orang Tua : – Alm Hj Muh Alwi (Ayah)
– Hj Mashuri, BA
Suami : Dr Abbas Langaji, MA
Anak : 1. Ria Amelinda, mahasiswa magister ilmu komunikasi Unhas Makassar;
2. Fuad Zulqarnayn, mahasiswa teknik pertambangan UMI Makassar;
3. Ananda AGung Izzulhaq, siswa kelas 3 SMA Negeri 3 Palopo;
4. Rifqy Ahmad Zaky, siswa kelas 3 SMP Negeri 3 Palopo;
5. Farza Afzal Fanshoury, siswa kelas 5 SD Negeri Tompotikka.

Click to comment

Most Popular

To Top