DLH Kerahkan Personil Bersihkan Drainase – Palopo Pos
Metro

DLH Kerahkan Personil Bersihkan Drainase

BOTING — Memasuki bulan Desember curah hujan di sejumlah daerah termasuk di Kota Palopo cukup tinggi. Untuk mengantisipasi terjadinya banjir, maka Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengerahkan personilnya terjun membersihkan drainase di sejumlah wilayah Kota Palopo.

Seperti terlihat, Rabu 5 Desember 2018. Sejumlah personil DLH termasuk Kepala DLH Kota Palopo, Drs Rachmad, M.Si mengangkut sampah-sampah yang menghambat aliran air di drainase. Selain sampah, juga batu yang berada di drainase diangkat untuk memperlancar aliran air agar jika terjadi hujan lebat tak menimbulkan banjir.

Rachmad saat dikonfirmasi Palopo Pos mengatakan, jika pemrbersihan drainase rutin dilakukan setiap hari oleh personil bagian kebersihan DLH. Hanya saja saat ini, sebutnya terus digenjot apalagi memasuki musim hujan.

”Ini kegiatan rutin dan memang sasarannya drainase yang memiliki banyak sampah sehingga aliran air tidak lancar,” sebut mantan Kepala Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Palopo ini kemarin.

Untuk itu, Rachmad mengimbau kepada para lurah agar menggerakkan warganya untuk membersihkan drainase.

”Paling tidak di depan rumah mereka masing-masing saja. Biar aliran air di drainase mengalir lancar. Dan ini tugas lurah serta ketua RT menggerakkan warganya membersihkan drainase dan menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing,” imbaunya.

Rachmad menyebutkan, pada pagi hari hingga siang hari, pembersihan drainase dilakukan di sekitar Jl Opu Tosappaile, menuju perempatan JL Pongsimpin, Jl Ammbe Nona, Jl Manennungan, Jl Andi Djemma, Jl Haji Hasan, sekitar pasar sentral, dan Jl Yos Sudarso.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palopo, Ir Rahmat Masri Bandaso menegaskan hal ini agar diperhatikan lurah dan camat agar mengajak masyarakat berpartisipasi membersihkan drainase dan lingkungan.

”Perhatian bagi camat dan lurah untuk mengajak warganya turun melakukan pembersihan drainase dan lingkungan masing-masing. Apalagi sudah masuk musim penghujan, dimana juga rentan timbulnya penyakit,” tandas Wawali. (rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top