Jokowi Direncanakan Hadiri Kemilau Toraja – Palopo Pos
Toraja

Jokowi Direncanakan Hadiri Kemilau Toraja

* Hari Senin, 24 Desember 2018

MAKALE — Pemerintah Tana Toraja siap menggelar event Lovely December (Kemilau Toraja 2018). Segala persiapan telah 100 persen rampung.
Rencananya Presiden Jokowi akan hadir di event ini pada hari Rabu, 24 Desember 2018.

Ketua Umum Lovely December (Toraja Kemilau 2018) Rospita Napa saat jumpa pers di Aula Dinas Pariwisata Tana Toraja, didampingi Yunus Sirante selaku Ketua l mengatakan, kalau program dinas pariwisata sudah direspon dan ini milik semua umat di Toraja.

Maka, lanjutnya, diharapkan semua masyarakat Tana Toraja untuk ikut terlibat dalam event ,karena bagian refleksi ucapan syukur RPJM Toraya Maelo yang sudah berjalan selama 3 tahun dengan baik, “Perwujudan tiga hal RPJM Toraya Maelo yakni Getaran Sukma ilahi ,sentuhan kasih dan Damai Toraja, Perwujudan penyambutan itu yakni menyambut saudara-saudar kita dari luar baik Wisnus dan Wisman, dan juga diaspora Toraja tamu kita karena bagian dari kita,” ungkap Ketua I, Yunus.
Ia mengatakan, daya saing Tana Toraja adalah kopi dan sumber daya alam dan pariwisata.

Sementara Ketua umum Lovely Desember ( Kemilau Toraja 2018) , Rospita Napa,SE,MM dihadapan para awak media saat konfrensi pers mengatakan, event Lovely December sudah memasuki tahun ke 10.

“Lovely December ini adalah bagian dari Calender of Even (CoE) Kementerian Pariwisata Republik Indonesia,dan even ini adalah tahun terakhir penyebutan Lovely Desember, dan Tana Toraja tahun ini menjadi tuan rumah kegiatan ini di support oleh kementerian pariwisata dan juga Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan,” sebutnya.

Ia menjelaskan, kegiatan Lovely December (Kemilau Toraja 2018) disupport dana dari APBD Provinsi Sulawesi Selatan tapi bentuknya untuk peningkatan infrastruktur di obyek wisata.

Kegiatan untuk kalender even lovely Desember to Kemilau Toraja 2019 sudah mulai berlangsung dari tanggal 1-31 Desember 2018 .

Adapun Garis besar kegiatan Lovely Desember 2018, pertama getaran Sukma ilahi yang sudah mulai berjalan, festival kopi Toraja yang akan berlangsung di agrowisata Pango-pango selama dua hari tanggal 8-9 Desember, kemudian jelajah sepeda wisata berlangsung satu hari tanggal 15 Desember, tapi persiapannya mulai 14 Desember.

Lalu kegiatan Lomba Mebale (tangkap ikan) Melendong (tangkap belut) tanggal 18 Desember yang berlokasi di Kecamatan Mengkendek, kerajinan rakyat yang dirangkaikan dengan kuliner tradisional tanggal 19- 20 Desember yang berlokasi di Pasar Seni pusat cendramata oleh-oleh Makale.

Kemudian jejak dan jelajah wisata yaitu trail Toraja adventure tanggal 22 Desember, lalu uji nyali Burake sekaligus lomba foto obyek wisata Titian kaca Burake sekaligus launching obyek wisata yang baru obyek buatan yang berlokasi di Burake tanggal 23 Desember dan terbuka untuk umum khususnya untuk lomba fotonya.

Dilanjutkan dengan Toraja Ring Road Chrismast day yang sedianya direncanakan tanggal 24 Desember tetapi sekaitan dengan rencana kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Tana Toraja maka diundur ke tanggal 26 Desember 2018.

Masih Rospita lanjutkan kegiatan Lovely Desember yakni Festival Tenun Toraja tanggal 26-27 Desember 2018,hari pertama digedung tammuanmali, lalu hari kedua di pasar seni pusat Cenderamata ole-ole kota Makale .

Kemudian hari puncak Lovely Desember (Kemilau Toraja 2018 ) sekaligus natal Oikumene 28 Desember di The Plaza Kolam Makale,Calour Run Toraja 29 Desember star mulai dari Burake dan Finis di Kolam Makale,Pentas Seni Rakyat 29 Desember di Pasar Seni ,Hiburan Rakyat menampilkan Band Performance Tanggal 30 Desember.

Dan penutup rangkaian Lovely Desember ‘Toraja Kemilau 2018’ Tanggal 31 yakni Ma’barattung di Plaza Kolam Makale, sekaligus melepaskan tahun 2018 dan menggapai Tahun 2019 kita tutup tahun disana ,Kunci Rospita. (alb/idr)

Click to comment

Most Popular

To Top