Perempuan dan Politik – Palopo Pos
FEMALE

Perempuan dan Politik

Eva Wahyuningsih A.md Keb

Yang muda, yang enerjik. Mumpung masih muda, harus kerja keras. Inilah prinsip dari calon anggota DPRD Kabupaten Luwu Timur dari Partai Hanura dapil Wotu dan Burau nomor 3, Eva Wahyuningsih A.md Keb.

Ia bertekad maju dikancah politik diusia yang tergolong masih muda, yakni, 29 tahun dengan satu tujuan untuk memaksimalkan potensi alam di Bumi Batara Guru demi kesejahteraan masyarakat di Lutim.

Kepada Palopo Pos, owner dari warung “Pugalu Deso” di Kampoeng Popsa, Kota Makasar ini mengatakan, punya memiliki berbagai macam program yang akan direalisasikan jika terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Lutim, nantinya.

Salah satunya melalui pemberdayaan disejumlah sektor dengan melibatkan masyarakat, khususnya bagi kaum perempuan. Pasalnya, sumberdaya alam Lutim, baik itu hasil perikanan-kelautan, pertanian, dan pertambangan sangat melimpah.

Berbekal jaringan dengan beberapa pengusaha di organisasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), ia mengaku siap membantu Pemda Lutim mendatangkan investor.

Eva, sapaan akrab dari putri pasangan Dr Simon Asa S.Pd, dan Ni Nengah Darni, mengatakan, tak mudah untuk bisa duduk di kursi parlemen. Namun, ia yakin, dengan program yang ia tawarkan ke masyarakat, pemilih sudah cerdas dalam memilih wakilnya di parlemen.

Dengan paras yang cantik jelita, ia tak sungkan untuk turun ke dapil bertemu dengan masyarakat. Bahkan sesekali ia menyempatkan menginap di rumah warga, agar lebih mengenal dekat dan mengenal sesungguhnya hal apa yang sangat di butuhkan masyarakat.

Bicara soal tantangan, kata Eva, tentunya pasti ada. Hanya saja, menurutnya, tantangan yang dirasakan di lapangan tak menyurutkan semangat seorang Revha untuk terus blusukan, harus dihadapi.

“Selama yang kita perjuangkan kebaikan rakyat, semangat pantang surut,” ujar caleg Partai Hanura nomor 3 dapil Wotu-Burau, Kabupaten Lutim, Jumat 14 Desember 2018, kemarin.

Caleg Perempuan

Ia merasa tak gentar atau kalah saing dengan para caleg lain dari kaum pria. Justru, memilih wakil rakyat dari sosok perempuan saat ini bukan hal yang tabu.

Lantas apa istimewanya seorang caleg perempuan? Boleh dikata secara umum, perempuan itu lebih jujur, tidak korupsi, lebih transparan dan loyal kepada konstituen.  Sosok perempuan juga memiliki sifat yang ulet, teliti, terampil, peka.

Seperti figur RA Kartini, yang memperjuangkan hak-hak perempuan di Indonesia. Begitupun dengan Eva yang siap memperjuangkan sebagian besar program untuk perempuan di Luwu Timur.

Kenal Politik

Sebelum berkarir di politik, Eva meniti karir dunia perbankan selama 4 tahun, yakni di Bank Danamon, Makassar. Itu digelutinya selepas lulus kuliah di Universitas Indonesia Timur.
Merasa ingin mencoba tantangan bekerja di kota besar, Revha lalu hijrah ke Jakarta. Di sana ia bekerja di salah satu perusahaan alat berat.

“Pengalaman menarik sewaktu di Jakarta, sampai ikut tender project pengadaan alat berat. Dari situlah mulai terbuka pemikiran untuk memiliki usaha sendiri. Alhasil, dengan modal seadanya bia membuka usaha buka warung kuliner di Popsa,” ungkapnya.

Lanjut Eva, sejak masih bekerja di Jakarta, ia banyak bergaul dengan teman-teman pengusaha.
“Saya pelan-pelan mulai tertarik seh waktu di Jakarta, tapi belum ada minat juga untuk maju di ajang Pilleg 2019 karena berfikir masih muda dan masih belum cukup tahu banyak dengan politik. Tapi pemikiran itu saya tampik, orang lain bisa kenapa saya tidak bisa,” sebutnya.

Ia yang saat itu bekerja di perusahaan dengan latar pendidikan yang berbeda dengan bidang pekerjaan.
“Saya harus memulai semua dari nol, dan akhirnya saya memutuskan untuk pulang kampung dan memiliki niat untuk bermasyarakat dan melanjutkan pengabdian orang tua,” pungasnya.(idr)

Data Diri :

Nama: Eva Wahyuningsih A.md Keb
Lahir : Wotu, 03 Januari 1989
Ayah : Dr Simon Asa S.Pd
Ibu : Ni Nengah Darni
Caleg : Partai Hanura
Dapil : Kec. Wotu dan Burau, Lutim
Jenjang Sekolah : – SD Majaleje, Lambarese
– SMP Negeri 1 Bonepute
– SMA Negeri 1 Wotu
– S1 di Universitas Indonesia Timur

Jenjang Karir : – PT Bank Danamon Tbk, Makassar
– PT Triguna Karya Nusantara, Jakarta
– Owner Kuliner “Pugalu Deso” Kampoeng Popsa, Makasar

Pengalaman Organisasi: – Pramuka SMAN 1 wotu
– OSIS SMAN 1 wotu
– BEM Universitas Indonesia Timur
– Pengurus HIPMI Sulsel
– Pengurus BPP HIPMI Pusat

Click to comment

Most Popular

To Top