DPMD Panggil 166 Kades – Palopo Pos
Luwu Utara

DPMD Panggil 166 Kades

*Bahas Program Strategis Visi Misi

MASAMBA--Untuk menguatkan desa, sebagai ujung tombak pembangunan di Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Dinas Pemberdayaan Masayarakat dan Desa (DPMD) Lutra memanggil 166 Kepala Desa (Kades). Itu ada kaitannya dengan pembahasan program startegis dijalankan tahun anggaran 2019.

Kepala Dinas PMD, Drs Misbah, mengatakan, DPMD dan Desa di tahun 2019 ini memiliki sejumlah program strategis guna mewujudkan visi-misi dan RPJMD Kabupaten Lutra.

Diantara sebut Misbah, program strategis tersebut yakni melaksanakan musrembang desa untuk 166 desa, kemudian persiapan pembangunan kawsan pedesaan dalam bentuk penguatan ekonomi pedesaan melalui Bumdes, seperti sebut Misbah, pasar desa, piid, embun desa dan usaha ekonomi produktif SPP.

Selain itu, penguatan lembaga kemasyarakatan, termasuk lembaga adat, karang tarina, penataan manajemen pemerintahan desa dan peningkatan kapasitas aparat Pemdes.

“Pengelolaan Dana Desa, serta mengikuti lomba desa terkait inovasi desa, kemudian penginputan profil desa serta tuntas program 100-0-100, merupakan program inovasi,” tutur Misbah.
Dilanjutkan, masih kata dia, dengan pola yang berbeda, serta mendukung program yang dilaksanakan desa.


Kita tentunya berharap dukungan semua pihak dalam menyukseskan program ini. Sehingga desa yang menjadi pilar pembangunan dapat terwujud dan tentunya akan berdampak pada daerah kita tercinta,” pungkasnya.(jun/ded)

Click to comment

Most Popular

To Top