Toraja

Tadinya Jorok, Kini Bersih Mengkilat

*Toilet Buntu Burake Akhirnya Berfungsi

MAKALE--Toilet Internasional yang berada di Obyek Wisata (OW) Buntu Burake, Patung Yesus Kristus memberkati, menjadi sorotan warganet karena kondisinya yang kotor.

Berkat kesigapan Pemerintah Daerah (Pemda) Tana Toraja, sehingga, tiga unit toilet bertaraf Internasional itu, telah berpungsi.

“Tadinya jorok bahkan berbau busuk. Mungkin, pengunjung memaksakan buang air kecil tanpa disiram sehingga berbau.

Tapi, kini tiga toilet itu sudah mengkilat, terima kasih Pemda Tator, karena sudah menyikapi keluhan warga netizen,” tulis warganet di akun facebook, LambreTrj, di beranda FBnya yang diunggah, Kamis, 10 Januari 2019.

Tiga toilet tersebut sebelumnya tidak digunakan karena terkendala masalah air.

Tolet yang pengerjaannya rampung 2018 itu awalnya tidak berfungsi lantaran daya listrik yang ada tidak dapat memompa air dari bawah.

Itu karena lokasi toilet berada diketinggian sedang daya listrik yang dipasang rendah sehinggah airnya dapat mengalir ke kamar mandi tersebut.

Terkait dengan itu, Kadis Pariwisata Tana Toraja Rospita Napa, selaku leading sektor, mengatakan, toilet internasional saat ini telah dapat dipergunakan oleh pengunjung.

“Setelah penambahan listrik sehingga air dapat terpompa ke atas dan krannya PDAM kini sudah dapat dialiri air.
Perlu dipahami bahwa toilet di OW Buntu Burake ini berada di ketinggian sehingga perlu daya listrik yang besar untuk memompa air ke atas dan puji Tuhan saat ini air sudah mengalir di toilet,” kata Rospita Napa, kepada Palopo Pos, Kamis, 10 Januari 2019.

Dengan begitu, sambung istri bupati itu, pengunjung sudah dapat mempergunakan toilet. “Bisa juga digunakan mengganti pakaian dengan catatan ada tarifnya, yakni sebesar Rp2 ribu sekali masuk ke toilet tersebut,” tutup Rospita Napa.(alb/ded)

Click to comment

Most Popular

To Top